PEKANBARU - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Riau bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau dan Pemuda Katolik Riau melangsungkan penyembelihan tiga ekor sapi kurban di Kantor GP Ansor Riau, Pekanbaru, Kamis (22/7/2021).

Daging kurban ini nantinya akan dibagi-bagikan kepada para kader Ansor, keluarga yang isolasi mandiri dan juga tenaga kesehatan yang berada di sekitar kantor GP Ansor Riau.

Terkait dengan kegiatan ini, Ketua GP Ansor Riau, Purwaji, mengatakan kalau acara penyembelihan hewan kurban ini merupakan kegiatan GP Ansor yang didukung juga oleh Kanwil Kemenag Riau serta Pemuda Katolik Riau.

"Kita berterima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi, baik itu Kemenag Riau, Pemuda Katolik Riau dan semua yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini," katanya.

Hasil dari pemotongan hewan kurban ini, nantinya menurut Purwaji akan disalurkan kepada para Kader Ansor, keluarga yang isolasi mandiri serta para tenaga kesehatan yang ada di sekitar kantor GP Ansor Riau di jalan Ahmad Dahlan, Pekanbaru.

"Tujuan utamanya tentu saja menjalankan ajaran agama Islam, dimana kita diminta untuk peduli kepada sesama, apalagi pandemi Covid-19 ini semakin memperkuat rasa peduli terhadap sesama, banyak masyarakat yang merasakan dampaknya," tambah Purwaji.

Tak hanya di Kantor GP Ansor, di daerah menurut Purwaji pihaknya juga melakukan hal yang sama dengan berbaur langsung dengan masyarakat sekitar.

Sementara itu, apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Riau yang menyambut baik kegiatan GP Ansor ini.

"Ini sangat baik sekali, apalagi saya lihat kawan-kawan juga begitu bersemangat melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini," ujarnya.

Menurutnya ini juga merupakan momen terbaik dalam upaya meningkatkan kepedulian kepada sesama. GP Ansor dan Pemuda Katolik sudah meneladankan usaha nyata lewan kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Riau, Lorensiius Purba, menilai kalau GP Ansor selama ini concern pada nilai nilai perjuangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Kami ingin ikut membantu GP Ansor dalam perjuangan menjaga kebhinekaan dan NKRI," jelasnya. ***