BENGKALIS-Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bengkalis Heri Indra Putra dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan mengikuti video conference (vidcon) rapat koordinasi percepatan pelaksanaan program Pertamina Shop (Pertashop) kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan PT. Pertamina Persero di Ruang Rapat Lantai II Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis, Rabu (9/9/2020).

Hadir Kepala Bidang Pengebangan Perdagangan  Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis M. Jefri, Kepala Bidang Kelembagaan Kerja Sama Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan Kabupaten Bengkalis Elmi Rizal dan Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Mulyadi.

Disampaikan Dirjen Bina Pembangunan Desa Kemendagri, Nata Irawan bahwa program Pertashop merupakan kolaborasi kebijakan yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri dengan PT. Pertamina Persero dengan tujuan tidak hanya menetapkan kebutuhan-kebutuhan bahan bakar minyak non subsidi, LPG non subsidi dan produk Pertamina lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina di tingkat desa.

“Tetapi juga melatih dan menumbuhkembangkan para talenta desa agar memiliki jiwa enterpreneur, berperan aktif dalam mempercepat tercapainya tujuan desa membangun," ujar Nata Irawan.

Komisaris PT Pertamina Persero Condro Kirono mengatakan, akan melakukan evaluasi dan mensosialisasikan program pemerintah yaitu pembangunan jaringan-jaringan supply chain logistik di desa, sehingga nantinya ketersediaan BBM non subsidi dan pelumas dapat terjangkau masyarakat.

“Sedangkan untuk progres pembangunan yang dilakukan dari Februari sampai saat ini, Pertashop sudah melayani sebanyak 407 outlet di seluruh Indonesia dan sebagian outletnya akan diselesaikan hingga akhir tahun 2020. Dengan harapan segala kendala masayarakat selama ini dapat terjangkau dalam memenuhi BBM,” kata Condro.

Menanggapi hal tersebut, Heri Indra Putra mendukung penuh program Pertashop guna memperluas jangkauan masyarakat terhadap BBM non subsidi dan pelumas, sehingga pelayanan ini dapat dinikmati masyarakat di desa.***