KAMPAR – Bayi berusia 6 bulan 10 hari di Kabupaten Kampar, Riau ikut terinfeksi virus Corona atau Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang, Senin (25/7/2022).

Direktur RSUD Bangkinang, Asmara Fitrah Abadi menyebutkan, bayi yang berasal dari Kecamatan Kuok itu terinfeksi Covid-19 itu mulai dirawat sejak 20 Juli 2022.

"Awalnya pasien Covid-19 mengalami batuk, pilek dan demam sudah seminggu," ujarnya.

Sebelumnya, orangtuanya membawa bayi tersebut ke RS Husada Bunda di Bangkinang Kota. Lalu rumah sakit tersebut merujuk bayi terinfeksi Covid-19 tersebut ke RSUD Bangkinang.

Pertama RSUD Bangkinang mengambil sampel untuk tes antigen. Hasilnya positif Covid-19. Tes dilanjutkan dengan Polymerase Chain Reaction (PCR). "Tanggal 21 Juli 2022, (bayi) terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR," kata Ifi, sapaan akrabnya.

Satu pasien lainnya, warga Bangkinang Kota yang berusia 45 tahun 1 bulan. Pasien ini mulai dirawat sejak 22 Juli 2022. Menurut Ifi, pasien tersebut awalnya mengalami demam dengan suhu tubuh yang turun naik.

Ia mengatakan, pasien tersebut sudah diberi obat. Tetapi tidak membaik. Selain itu, pasien mengeluhkan nyeri di ulu hati, muntah dan lemas.

Pasien itu terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR pada 23 Juli 2022. "Pasien memiliki riwayat penyakit," katanya.

Menurut dia, secara umum kondisi kedua pasien semakin membaik. Tim medis yang ditugaskan di ruang rawat Covid-19 terus memantau kondisi mereka.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 kembali muncul di Kampar. Sepekan ini terjadi lima kasus setelah nihil beberapa pekan. Dinas Kesehatan Kampar mencatat lima kasus tersebar di lima kecamatan pula.

"Ada penambahan lima kasus dalam satu minggu terakhir ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Zulhendra Das'at melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Haryanto kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (25/7/2022).

Hariyanto menyebutkan, dua orang dirawat di rumah sakit. Sedangkan tiga lainnya menjalani isolasi mandiri.

Kasus terkonfirmasi tersebar di Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, Tapung, Kuok dan Tambang. Ia belum dapat memastikan klaster penularannya.

"Sekarang klaster penularannya masih kita tracking," katanya. Ia mengimbau agar masyarakat kembali memperketat protokol kesehatan.

Sebagai informasi, kasus terakhir di Kampar pada 29 Juni 2022 lalu. Sejak Covid-19 muncul di Kampar, sudah terjadi 10.187 kasus. Sebanyak 9.749 orang sembuh dan 432 orang meninggal dunia.***