BAGANSIAPIAPI - Bermacam iven dan pertandingan akan digelar dalam rangka menyambut hari jadi Rokan Hilir ke-19 yang akan laksanakan pada tanggal 4 Oktober mendatang. Untuk menyukseskan kegiatan itu, berbagai pihak akan dilibatkan untuk menyemarakkan kegiatan tersebut. 

Beberapa agenda yang akan mewarnai HUT Rohil itu diantaranya, lomba jalan beregu, jalan santai, fun bike, lomba melukis kategori anak, marching band tingkat pelajar, lomba mancing, lomba barzanzi tingkat SD hingga SMA, serta lomba hymne - mars Rohil. Selain itu pihak Dewan Kesenian Daerah (DKD) juga akan mengelar iven Rohil Bersenandung.

"Nanti panitia yang akan mengatur bagaimana baiknya, seperti lomba melukis itu harus bisa dicarikan tempatnya dimana, pesertanya darimana saja begitu juga untuk lomba mars dan hymne Rohil yang diikuti pelajar tingkat SMP dan SMA. Untuk lomba mars ini koordinatornya pihak dinas pariwisata saja," kata Bupati Rokan Hilir, Suyatno A.Mp usai mengikuti rapat persiapan HUT Rohil di aula pertemuan kantor BPKAD, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Jumat (31/8/2018).

Begitu juga dengan lomba memancing, sambung Bupati, dia lebih menekankan agar panitia terkait dapat segera mengkalkulasikan untuk jumlah peserta, akomodasi yang harus disiapkan pada pada teknis penilaian ikan apa saja yang akan mendapatkan poin. Dia juga meminta panitia untuk menempatkan titik strategis titik yang bisa dilihat publik secara luas.

Dirinya mengungkapkan, perlombaan memancing hendaknya mengabaikan point khusus untuk peserta yang berhasil mendapatkan ikan sembilang. Karena menurutnya, habitat ikan sembilang memang banyak di lokasi untuk lomba mancing itu yakni di Perairan Sinaboi.

Agar kegiatan itu bisa berjalan sukses, dia meminta agar dibentuk panitia bersama. Untuk itu, seluruh persiapan harus dipikirkan sematang mungkin dan semua yang hadir dalam rapat tadi harus dilibatkan.

Kemudian, setiap item kegiatan yang akan digelar harus ditetapkan siapa penanggung jawabnya. Sehingga satu item kegiatan tadi ditangani oleh satu pihak sebagai leading sektor, yang selanjutnya berkoordinasi dengan panitia bersama yang sudah dibentuk.

Dia menyebutkan, sebelum puncak peringatan HUT Rohil yang ditandai dengan sidang paripurna oleh DPRD pada 4 Oktober dan akan diadakan apel bersama di Batu Enam, Bagansiapiapi. Sementara itu untuk persiapan sidang paripurna sudah menjadi kewenangan pihak dewan dan bagaimana teknis dan aturannya nanti, mereka yang mengaturnya.

Sebelumnya, Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rohil Drs H Surya Arfan MSi memimpin rapat persiapan HUT Kabupaten Rohil di mess Pemda Rohil yang dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sejumlah Kepala Bagian (Kabag) dan staf terkait. ***