SELATPANJANG - Pandemi virus Corona atau Covid-19 berimbas terhadap perekonomian terutama masyarakat menengah kebawah. Melihat kondisi tersebut tidak membuat Hafizan Abas berdiam diri, ia pun berinisiatif menyalurkan bantuan ratusan karung beras dan minuman kaleng kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak pada sektor ekonomi karena pandemi Covid-19.

Dr Hafizan Abas SAg MPd yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun membagikan langsung sebanyak 500 karung beras (5 kg perkarung) dan ratusan kes minuman kaleng, bertempat di kediamannya Jalan Muzafar, Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, Sabtu (1/5/2021) siang.

Kepada GoRiau.com disela-sela membagikan beras dan minuman kaleng, Hafizan Abas mengungkapkan bahwa bantuan tersebut merupakan kegiatan amal dan sosial di Bulan Ramadan 1442 Hijriah/2021 Masehi yang dilaksanakan secara pribadi.

"Bekerjasama dengan para sahabat dan bantuan yang kita salurkan ini untuk masyarakat yang ekonominya terpapar pandemi Covid-19 dan khusus untuk masyarakat di Tebingtinggi (dapil I), kegiatan ini juga rutin dilaksanakan setiap tahun. Saya ikut prihatin dengan kondisi masyarakat kita ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu saya berusaha untuk membantu mereka dengan menyalurkan bantuan sesuai dengan kemampuan saya," ungkap Hafizan.

Untuk menghindari kerumunan mengingat di tengah wabah Covid-19, kegiatan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, selain penggunaan masker penerima juga diberikan undangan khusus dengan jadwal tertentu.

"Kita mulai dari jam 9 hingga 11 Wib, 90 orang untuk setiap setengah jam. Contohnya, jam 9 Wib ada 90 orang dan jam 9.30 Wib ada 90 orang, begitu seterusnya. Dengan jadwal yang telah ditentukan pada undangan yang telah kita berikan dua hari (kamis kemarin) sebelum penyaluran tentu sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kerumunan," jelasnya.

Sekretaris Umum DPC PKB Kepulauan Meranti itu mengatakan bahwa ditengah kondisi sekarang ini, sekecil apapun bantuan tentunya akan sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Alhamdulillah pembagian beras ini sudah gelombang yang ke 7 semenjak dilantik pada September 2019 lalu (periode ke 3). Semoga ini dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi virus Corona," ungkap Hafizan yang juga merupakan Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Meranti yang membidangi kesejahteraan sosial dan sumber daya manusia.***