PEKANBARU - Keluarga besar almarhum Syafei Rachman yang merupakan orang tua dari Gubernur Riau non aktif, Arsyadjuliandi Rachman menggelar buka bersama di kediaman Jalan Ronggowarsito Pekanbaru - Riau, Senin (11/6/2018).

Ribuan masyarakat mulai dari pejabat, tokoh masyarakat termasuk anak yatim antusias menghadiri acara buka bersama keluarga besar Almarhum Syafei Rachman ini.

Ustaz kondang Abdul Somad (UAS) juga hadir memberikan tausiahnya di Masjid Ar-Rachman yang terletak persis di belakang kediaman almarhum Syafei Rachman. Ada pun masjid ini sendiri dibangun keluarga Rachman, mulai dari mewakafkan tanah mau pun bangunan masjid.

Ustaz Abdul Somad sendiri disela-sela tausiahnya sempat memuji atas kedermawanan keluarga Rachman yang telah memberikan sumbangsihnya untuk kepentingan umat.

Menurut UAS, kedermawanan tersebut tentu tidak akan dilupakan masyarakat. UAS pun lantas mengkaitkan kisah-kisah kedermawanan pada zaman Rasulullah yang telah rela menyisihkan harta bendanya untuk kemaslahatan umat.

Namun UAS juga menyatakan ditengah kedermawanan keluarga Rachman ini, ada juga nilai yang perlu diambil, yakni almarhum Syafei Rachman termasuk keluarga besar yang ditinggalkannya tidak pernah menyebut-nyebut jasa atas pembangunan masjid ini.

"Saya pun tak mau juga menyebut-nyebut, karena yang membangun masjid ini pun tak pernah mengumumkan. Ini tentu kita maknai keikhlasan," ungkap Somad.

Bersempena dengan ibadah puasa yang sedang dilaksanakan umat Islam saat ini, makna keikhlasan tentunya sangat kental. Wujud keikhlasan dalam berpuasa, berbuat kebaikan tentunya karena Allah SWT, bukan karena yang lain.

Pada kesempatan ini, pihak keluarga termasuk Andi Rachman juga membagi-bagikan santunan kepada anak yatim yang hadir. Hal ini sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada keluarga ini. ***