SELATPANJANG - Forum Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepulauan Meranti akan membangkitkan ekonomi lokal desa di kabupaten bungsu di Riau.

Hal itu dibahas dalam rapat anggota bersama Forum APDESI Meranti dengan tema "Membangun Kerjasama Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Ekonomi Lokal Desa, UMKM, Bumdesa dan Koperasi", dilaksanakan di sekretariat APDESI, Jalan Pelabuhan, Selatpanjang, Jumat (10/9/2021).

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Pemerintahan Desa (DPMD), Jon Hendri, Ketua APDESI Kepulauan Meranti, Mahadi beserta anggota lainnya, Ketua Koperasi Bumi Pimas Jaya, dan Novri Wahyudi SE. Hadir juga Kasi Intelijen Kejari Kepulauan Meranti, Hamiko SH dan H Edi M Nur sebagai tokoh dari koperasi.

Sementara kegiatan menghadirkan narasumber dari pihak Kejari dan Dinas PMD Kepulauan Meranti yang diikuti peserta Forum APDESI dari 9 kecamatan se-Kepulauan Meranti dengan rincian satu kecamatan diwakili sebanyak 2 orang.

Usai kegiatan, Ketua Koperasi Bumi Pimas Jaya, Novri Wahyudi SE mengungkapkan bahwa dalam kegiatan tersebut yang ditekankan yakni menggerakkan ekonomi lokal desa, usaha mikro kecil menengah (UMKM), badan usaha milik desa (Bumdes) dan koperasi.

"Jadi, kita akan bekerjasama dengan UMKM, Bumdes, dan koperasi yang ada di Meranti dengan memprioritaskan produk-produk lokal desa, karena kita kan ada sagu, safuring, jadi kita yang akan jadi marketnya," ungkapnya.

Diakui Novri, sejauh ini belum ada kendala yang bearti ditemukan, hanya saja terkait persoalan kompetitor.

"Kendalanya ya kompetitor itu, makanya dengan wadah ini kedepannya kita berharap bisa bekerjasama dengan baik," harapnya.***