DURI - Sebanyak 25 personil Satlantas Polres Bengkalis dan anggota Polsek Pinggir patut diberikan apresiasi yang luar biasa atas giat patroli yang dilakukan di sepanjang pengerjaan rigit beton Jalan lintas Duri-Kandis selama libur panjang ini. Meski arus balik cukup padat, kondisi lalu lintas bisa berjalan lancar dan tertib.

Pantauan GoRiau.com dilapangan, hingga petang tadi terlihat Kasat Lantas, Kaur Bin Ops Lantas, Iptu Zainal Arifin serta personil lainnya mengatur lalu lintas di masing-masing plotingan yang sudah ditetapkan. Sehingga tak terlihat ada kendaraan khususnya roda empat yang menerobos antrian.

"Untuk mengatur lalu lintas saat arus balik liburan ini, personil sudah standby di masing-masing spot. Seperti komitmen awal akan memberikan sanksi kepada kendaraan yang mencuri jalur di jalur semenisasi atau rigit, karena itu akan menyebabkan kemacetan. Hingga petang tadi, arus lalu lintas masih lancar," ujar Iptu Zainal Arifin.

Sebagai informasi, Jalur semenisasi saat ini ada di sekitar Jalan Lintas Duri-Kandis Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Perjalanan di lokasi pengerjaan Jalan tersebut selama 3 hari terakhir ini berjalan lancar.

Sementara itu, di jalur antri tersebut, seorang pengendara menyebutkan sistem buka tutup yang dipantau oleh Polisi lalu lintas ini memang membuat perjalanan menjadi tenang. Bagaimana tidak, jika para polisi tidak ada maka kebanyakan mobil itu menyalip di Jalur antri sehingga kendaraan stak tidak bisa bergerak.

"Lebih aman kita kalau ada polisi. Ga ada mobil yang berani menyalip, antrian pun paling lama hanya 25 menit. Paling cepat 10 menit. Rasanya untuk waktu yang segitu tak masalah ketimbang harus antri 3-6 jam karena mobil padat dan membuat antrian beberapa jalur hingga tidak bisa melintas," kata Aneta.

Hal yang sama dikatakan supir truk tangki, Yono saat ditemui GoRiau.com. Dikatakannya, setiap pengerjaan jalan rigit beton itu yang paling tersiksa itu adalah para supir truk. Karena bodi kendaraan mereka yang besar, mereka tidak bisa menyalip seperti mobil roda empat.

"Kalau ga ada polisi, mobil-mobil ini kan main salip aja. Mereka bisa karena mobilnya kecil, tetapi kalau kayak truk ini mana bisa. Tetap harus di jalur antri, akibatnya ga lewat-lewat. Polisi di Pinggir ini memang hebat, bisa standby di lapangan agar tidak ada mobil yang menyalip," tutur Yono. ***