BAGANSIAPIAPI - Perairan Rohil sekarang rawan menjadi tempat penyelundupan barang dan narkoba. Buktinya, baru baru ini, petugas Polsek Bangko, Bagansiapiapi berhasil menggagalkan puluhan Balpress baju dan sepatu dari Malaysia.

Untuk mengantisipasi terjadinya aksi penyelundupan susulan yang dapat merugikan negara, satuan Polisi Perairan melakukan patroli rutin yang ditempatkan pada beberapa titik rawan. Wilayah tersebut diantaranya di Penipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas, Pulau Halang dan Kecamatan Sinaboi.

" Pada saat patroli, kami mengalami kendala karena cuaca yang sering berubah ubah. Sarana yang kami miliki memang tidak memungkinkan sampai ke perbatasan. Untuk itu, kami hanya bisa mengantisipasi aksi penyelundupan didaerah pantai dan pelabuhan tikus," kata Kasat Polair Polres Rohil, Iptu Sapto Hartoyo disela sela pemberian santunan kepada anak yatim dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72 di Markas Polair jalan pelabuhan baru, Minggu (4/6/2018).

Tempat sama, Kapolres Rokan Hilir, AKBP Sigit Adi Wuryanto mengatakan, secara umum situasi keamanan di Rokan Hilir berlangsung kondusif. Begitu juga dengan kondisi diperbatasan, petugas selalu melakukan kegiatan patroli untuk mengantisipasi aksi penyelundupan.

  Disamping itu, dia juga mengingatkan kepada petugas Polisi Perairan jangan sampai memaksakan diri melakukan patroli melebihi kemampuan armada sehingga khawatir dapat merugikan diri sendiri. 

  " Kita harus mampu melaksanakan patroli sesuai dengan kemampuan kapal dengan radius tertentu," kata Kapolres kepada Goriau.com. ***