PEKANBARU - Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI Sony Aprianto menegaskan, jajarannya akan tetap siaga melakukan patroli saat lebaran Idul Fitri 2018, menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Brigjen TNI Sony Aprianto yang juga Dansatgas Penanggualan Karhutla Riau ini mengungkapkan, pihaknya tidak akan libur meski lebaran Idul Fitri. Ini tujuannya untuk mencegah potensi terjadinya Karlahut disejumlah daerah yang rawan.

"Walau lebaran kita tetap siaga. Saya selaku Dansatgas Karhutla juga siaga agar tidak ada asap," pertegasnya menjawab GoRiau.com.

Koordinasi juga dilakukan dengan stakeholder lainnya yang terlibat dalam Satgas, terutama Satgas darat yang menjadi bidang TNI AD. Sementara untuk patroli udara, digelar oleh TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin.

Begitu juga dengan Polri, yang turut melakukan pemantauan guna mencegah potensi Karhutla terjadi di Riau. Apalagi belakangan ini cuaca di sejumlah wilayah di Negeri Lancang Kuning cukup terik, sehingga rawan terjadinya Karhutla.

Antisipasi Karhutla di Riau memang jadi fokus jajaran Forkopimda serta pemerintah daerah. Apalagi dalam waktu dekat, akan dilangsungkan Asean Games di Palembang, Sumatera Selatan.

Diharapkan, perhelatan akbar itu tidak terganggu dengan adanya Karhutla yang berpotensi menimbulkan kabut asap. Apalagi posisi Riau cukup berdekatan dengan Palembang, Sumatera Selatan. ***