PEKANBARU - Antisipasi kebakaran hutan di Riau tahun 2020 dilakukan sebelum ''bencana'' itu sudah terjadi. Salah satunya dengan mempersiapkan modifikasi cuaca untuk mengantisipasi jarangnya turun hujan di suatu daerah.

Sesuai dengan arahan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis, Rabu (12/2/2020) pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Karhutla, modifikasi cuaca harus segera dilakukan untuk daerah yang mulai jarang hujan.

''Sesuai arahan panglima dan Kapolri, Modifikasi cuaca harus segera dilakukan di Riau, sehingga beberapa kabupaten dan kota yang sudah jarang turun hujan akan dibuat hujan buatan," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada GoRiau.com.

Dikatakan Syamsuar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siap memberikan dukungan dalam upaya penanggulangan karhutla, seperti alat dan helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kedatangan helikopter water bombing dari BNPB masih kita tunggu, apalagi beliau (Panglima TNI dan Kapolri, red) sudah menghubungi Kepala BNPB untuk segera mengirim helikopter water bombing ke Riau," ungkap Syamsuar. ***