PEKANBARU - Kota Pekanbaru, Riau menjadi salah satu ''surga'' untuk mengadu nasib bagi para pendatang dari provinsi yang ada di Pulau Sumatera maupun Pulau Jawa.

Biasanya para pendatang ini datang ke Pekanbaru dibawa oleh sanak saudaranya ketika melakukan mudik lebaran, dan kondisi ini sudah terjadi sejak dahulu. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka Kota Pekanbaru akan dipenuhi oleh pendatang yang belum jelas apa kerja dan usahanya.

"Pemerintah Kota Pekanbaru harus melakukan pendataan, dengan melibatkan pihak kecamatan, lurah hingga RT dan RW," kata Anggota DPRD Pekanbaru, Ruslan Tarigan, Kamis (5/5/2022).

Selain dibawa oleh keluarganya, biasanya para pendatang ini juga dibawa oleh rekannya yang sudah terlebih dahulu menetap dan bekerja di Pekanbaru.

Selain dikhawatirkan akan menambah angka pengangguran yang ada di Kota Pekanbaru, para pendatang ini juga dikhawatirkan akan menambah angka pengemis dan gelandangan karena belum memiliki pekerjaan.

"Pendataan harus benar-benar valid, jangan asal-asalan dan hanya sekedar pelepas tanya saja. Masyarakat asli Pekanbaru saja kebingungan mencari pekerjaan di daerahnya sendiri," tutupnya. ***