JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR RI Dr H M Ali Taher Parasong, SH MHum, wafat hari ini, Ahad (3/1/2021), sekitar pukul 14.00 WIB.

Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu meninggal saat dirawat di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta, karena terinfeksi virus corona.

''Benar, PAN secara nasional berduka cita yang amanat mendalam atas wafatnya Abangda Ali Taher Parasong,'' ujar Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, Ahad, seperti dikutip dari Tempo.co.

Saleh menuturkan, Ali diketahui positif Covid-19 sekitar lima hari yang lalu. Ia lalu dibawa ke RS Islam Cempaka Putih, Jakarta untuk menjalani perawatan intensif. Kemarin, kondisi Ali sempat drop hingga harus dipasangkan alat bantu pernapasan.

''Drop kemarin sekitar pukul 16.00. Setelah dipasang selang, sudah mendingan habis magrib itu. Tadi pagi beliau masih bisa berbincang lewat telepon dengan Ketum Zulkifli Hasan. Tapi setelah Zuhur tadi, kondisi beliau drop drastis sampai akhirnya meninggal,'' ujar Saleh.

Partai Amanat Nasional, ujar Saleh, sangat kehilangan akan kepergian tokoh senior partai yang menjadi panutan bagi kader-kader mereka.

''Beliau pejuang kami di Komisi VIII dan Baleg yang bersuara nyaring mengadvokasi publik. Beliau juga  Ketua Fraksi PAN di MPR,'' ujar Saleh.

''Kami benar-benar kehilangan. Beliau sosok humanis yang humoris. Kami akan kesulitan menemukan sosok seperti beliau lagi di partai,'' lanjutnya.

Kata Saleh, pihak rumah sakit masih berkoordinasi dengan keluarga ihwal pemakaman Ketua Mahkamah Partai mereka itu.

''Kita doakan semoga beliau khusnul khatimah dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan,'' harapnya.

M Ali Taher Parasong lahir di Lamakera, Solor Timur, Flores Timur, 9 Februari 1961. Hingga akhir hayatnya Saleh Taher masih tercatat sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta, STIE Muhammadiyah Tangerang, STIKES YATSI Tangerang dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Saleh Taher juga merupakan Ketua BPH Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang dan Ketua BPH Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan YATSI.***