BANGKINANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kampar mengajak Anggota DPD RI asal Kampar Edwin Pratama Putra ke lokasi wisata baru Ompang Sungai Songsang, Selasa (22/8) siang. Kehadiran Edwin disambut Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, David Hendra yang mewakili Kepala Disparbud Zulia Dharma siang itu.

Edwin saat berkunjung memuji kecerdikan Tim Poromosi Wisata Disparbud Kampar dalam menyulap Embung yang penuh eceng gondok itu menjadi tempat wisata. Lokasi itu menjadi viral akibat polesan sederhana yang dilakukan secara swadaya bersama pemuda dan masyarakat sekitar.

''Eceng godok ini sebenarnya adalah hama, namun disini mampu dikonversikan menjadi peluang pariwisata yang bernilai jual. Masyarakat hari ini harus mengeksploitasi kawasan-kawasan yang seperti ini agar dijadikan sektor pariwisata yang menarik minat pengunjung,'' kata Edwin saat bersantai dibawah gazebo terapung yang dibangun diatas Embung yang penuh tanaman eceng gondokyang sedang berbunga mekar tersebut.

Edwin berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar membenahi infrastruktur dasar yang mendorong dunia pariwisata. Seluruh pihak menurutnya harus bersinergi, bahu-membahu membangun dan mempromosikannya.

''Menjual sesuatu agar diviralkan atau diboomingkan, kita harus bersinergi melakukan pembenahan infrastruktur dasar terlebih dahulu. Karena itu nantinya menjdi referensi bagi wisatawan sata mereka datang,'' sebut Edwin.

Edwin menyebutkan, dari sejumlah kunjungannya ke beberapa negara, hanya ada beberapa yang menarik minat wisatawan. Pertama adalah keindahan alamnya, seperti yang ditawaran Ompang Sei Songsang dan budayanya. Lalu setelah itu, wisatawan mencari kuliner khas yang ada disana. Hal ini harus bisa dipadukan. Terutama untuk destinasi wisata yang memang unik dan tidak ada di tempat lain.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kampar David Hendra mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPD RI itu yang telah meluangkan waktunya singgah ke Ompang Sei Songsang. Menurutnya, wisata seperti Ompang Sei Songsang tidak akan berkembang kalau Kepala Daerahnya, dalam hal ini Bupati tidak memberikan dukungan penuh. Bupati Catur Sugeng Susanto menurut David Hendra punya komitmen kuat untuk menghidupkan pariwisata di Kabupaten Kampar.

''Ini sesuai dengan arahan Pak Bupati Kampar dan Kepala Disbudpar Kampar yang diteruskan kepada saya untuk terus mempromosikan wisata lokal Kampar. Hari ini (kemarin, red), kami menerima kunjungan Bapak Anggota DPD RI asal daerah kita untuk mendengarkan masukan langsung. Beliau ini kan sudah berkunjung kemana-mana dan kabarnya, keluarga di Jawa Barat sana juga punya usaha pariwisata. Maka masukan beliau memang sangat kami harapkan,'' sebut David.

Edwin siang itu terlihat sangat menikmati gazebo yang dibangun di tengag danau penuh enceng gondok yang sedang mekar tersebut. Tidak lama setelah dirinya datang, para pengunjung segera membludak karena bertepatan dengan jam istirahat. Lokasi Ompang Sei Songsang ini sendiri sangat strategis. Berada di ceruk perbukitan Candika yang diapit pemukiman padat penduduk Kota Bangkinang dan Komplek Perkantoran Pemkab dan DPRD Kampar. Hingga aksesnya sangat mudah bagi para pengunjung. ***