BENGKALIS-Tim Satgas Covid-19 Bengkalis belum bisa memastikan kapan pendistribusian vaksin Covid-19 untuk Bengkalis karena masih menunggu surat izin edar dari BPOM RI.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid 19 Bengkalis, Popi Yulia Santisa kepada media, Jumat ( 8/1/2020). Vaksin ini memang sudah berada di Dinas Kesehatan Provinsi, namun belum didistribusikan ke daerah karena menunggu surat izin edar tersebut.

"Kami masih menunggu informasi dari provinsi kalau sudah ada perintah untuk menjemput akan kami jemput langsung," ungkap Popi.

Menurut dia, untuk alokasi vaksin untuk Bengkalis sebanyak 2.589 dosis. Jumlah ini akan didistribusikan beberapa tahap untuk Bengkalis.

"Tahap pertama akan didistribusikan dari provinsi sebanyak 980 dosis vaksin. Kemudian pada tahap keduanya sebanyak 1.000 dosis vaksin, sedangkan sisanya sebanyak 609 masih menunggu informasi provinsi," terangnya.

Untuk vaksinasi tahap pertama ini diprioritaskan untuk SDM Kesehatan Bengkalis. Sesuai rencananya akan dilakukan tanggal 13 Januari. "Ini masih tentativ, kita masih menunggu konfirmasi dari provinsi. Kalau sudah pasti dari provinsi akan kita kabarkan," terangnya.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan gudang penyimpanan vaksin ini. Beberapa hari lalu sudah dilakukan rapat koordinasi lintas sektor untuk persiapan vaksinasi ini.