BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau untuk memperbaiki rumah ibadah khususnya mesjid semakin besar. Tahun ini, setiap mesjid milik kecamatan mendapat bantuan rata-rata Rp 2 miliar.

Sayangnya, walau dana sudah dikucurkan secara langsung melalui rekening mesjid, masih ada pembangunan yang belum selesai.

Menyikapi persoalan dana hibah untuk pembangunan mesjid, Camat Tanah Putih Sedinginan, Suryadi SE mengatakan dirinya tidak bisa mengomentari lebih jauh. Apalagi mesjid yang berada didaerahnya, dikatakannya sudah hampir rampung pengerjaannya.

''Entahlah kalau mesjid di kecamatan lain. Ada juga yang belum siap. Tapi laporan pertanggungjawaban penggunaan dana oleh pengurus mesjid langsung dilaporkan ke setda bagian Kesra,'' sebutnya.

Dia mengungkapkan, pembangunan mesjid merupakan keinginan pemerintah agar berdiri mesjid raya tiap kecamatan. Selain untuk pembangunan fisik, pemerintah juga membantu dana sebesar Rp 80 juta pada kunjungan safari ramadhan kemarin. ''Hingga kini uangnya belum saya terima karena harus melalui proposal. Memang sekarang agak ketat tidak seperti kemarin. Dikira jemaah uang sudah diterima karena kemarin diberikan secara simbolis oleh Wabup dengan menggunakan cek,'' paparnya.

Dia menyebutkan, uang itu direncanakan akan dibagikan kesetiap mesjid yang ada di Tanah Putih.

Pengamatan GoRiau.com, secara fisik, pembangunan mesjid hampir rampung. Namun masih terdapat retakan serta ada beberapa item pekerjaan yang masih belum finishing. ''Kalau tentang dana hibah Rp 2 miliar untuk mesjid itu tanya langsung ke pelaksananya sajalah,'' pungkas Suryadi yang baru menjabat camat selama dua tahun. (her/amr)