PANGKALAN KERINCI - Maling kotak amal beraksi, kali ini menyasar Masjid Al-Jihad di Jalan Malin Kuning, Kelurahan Sorek Satu, Kecamatan Pangkakan Kuras, Kabupaten Pelalawan.

Akibat pencurian yang terjadi pada hari, Minggu (30/8/2020) pagi, uang yang ada di dalam kotak amal sebesar Rp 3,5 juta ludes dibawa kabur pelaku.

Kapolsek Kompol Ahmad melalui Panit Reskrim Ipda Esafati Daeli SH, Selasa (1/9/2020) mengatakan, aksi pencurian kotak amal masjid diketahui saat warga akan melaksanakan salat zuhur.

"Curiga dengan kondisi kotak amal yang berserakan warga kemudian mendekati dan melihat kotak amal sudah dalam keadaan terbongkar, kunci rusak bahkan uang di dalamnya sudah kosong," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Esafati, warga mengecek dan memutar ulang rekaman CCTV yang terpasang pada bagian luar dan bagian dalam masjid.

"Setelah melihat rekaman CCTV diketahui pelaku satu orang laki-laki yang berusia remaja ditutupi wajah dengan menggunakan masker memanjat pagar masjid. Pelaku merusak kotak amal dengan alat dan melakukan pencurian sekira pukul 08.00 Wib ketika situasi masih sepi," jelasnya.

Kemudian, Tim Opsnal Polsek Pangkalan Kuras mendapatkan informasi bahwa diduga pelaku yang sudah diketahui identitasnya EA (16) seorang residivis ini sedang berada di Kecamatan Tualang, Siak.

"Pelaku ini bersembunyi di rumah keluarganya dan berhasil kita amankan. Pelaku menunjukkan sisa uang hasil kejahatan beserta pakaian yang dipakai pada saat melakukan pencurian," pungkas Esafaati.***