PEKANBARU, GORIAU.COM - Persiapan menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) yang akan berlangsung di Yogyakarta, 24 November - 1 Desember 2013, jajaran pelatih atletik Riau telah mengantongi dua atlet terbaik yang diharapkan mampu menyumbangkan medali untuk Riau.

Diantaranya Akmali Sauda dan Aldian Trijatmiko. Akmali merupakan atlet andalan Riau di berbagai iven pada nomor jalan cepat 10 km, termasuk pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII lalu. Dirinya juga berhasil menyumbangkan perak bagi Kontingen Indonesia pada Islamic Solidarity Games (ISG) III di Palembang.

Sementara Aldian turun di nomor lempar lembing dan pada Pomnas sebelumnya di Batam, dirinya hanya mampu merengkuh perunggu usai kalah lemparan dari atlet Jawa Timur. Namun pada Pomnas tahun ini, Papua menjadi lawan terberat Aldian.

Pelatih Atletik Riau, Hasnor kepada GoRiau.com, Selasa (5/11/2013), mengaku optimis dengan apa yang akan dihasilkan dua atlet Riau tersebut. Terlebih kepada Akmali Sauda yang memang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. "Dia yang terbaik, dan kita berharap emas Pomnas tahun ini menjadi miliknya," kata Hasnor.

Sementara pada Pomnas sebelumnya di Batam, cabang atletik Riau hanya mampu merengkuh dua medali perunggu, satu dari Aldian dan satunya lagi diraih Rusidayanti di nomor jalan cepat 10 km. Namun tahun ini Rusidayanti tidak tampil karena sudah menamatkan kuliah.

Seperti diketahui, Riau akan mengikuti sebelas cabang olahraga, antara lain Atletik, Basket, Bulutangkis, Catur, Futsal, Panahan, Pencak Silat, Karate, Sepakbola, Tenis Meja dan Voli Indoor. Sementara Riau absen pada tiga cabang, yakni Renang, Tenis Lapangan dan Voli Pantai.

Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Riau telah menetapkan sebanyak 118 orang yang terdiri dari 91 atlet dan 27 ofisial masuk dalam Kontingen Riau pada Pomnas tahun ini.(tri)