BENGKALIS -Keindahan Pantai Tanjung Lapin. Rupat Utara terancam tinggal cerita. Perlahan tapi pasti, pantai indah berpasir putih itu terus terkikis. Sejumlah tempat duduk batu untuk bersantai yang dibat di tepi pantai bertumbangan digerus abrasi. Kalau tidak segera ditangani, sejumlah pohon cemara yang menjadi ciri khasnya pantai juga bakal bertumbangan.

Seperti disampaikan Jefri (32) warga Desa Kadur, Jumat (9/6/2017), alangkah terkejutnya dia saat melihat bangku-bangku coran batu yang dibuat beberapa tahun lalu sudah bertumbangan. Padahal, cat dibangku-bangku tersebut masih belum hilang.Upaya mencegah abrsi memang sudah dilakukan pemerintah, yakni dengan memasang atau menyusun batu-batu gunung di tebing pantai. Sayangnya, hal tersebut tidak mampu menahan hempasan ombak saat musim ombak besar, buktinya kurs-kursi coran batu yang diangun diatas tumpukan batu gunung bertumbangan.

''Harus segera dicarikan solusi bagaimana agar ombak atau tebing tidak pantai tidak semakin tergerus. Kalau tidak segera dilakukan, bukan tidak mungkin keindahan panta Tanjung Lapin hanya akan tinggal cerita,'' ujar Jefri.

Soal seperti apa penanganannya, kata Jefri, orang teknis yang lebih memahami hal itu. Hanya pintanya, para pengambil kebijakan hendaknya belajar ke daerah lain bagaimana mengatasi abrasi pantai yang baik.

''Banguanan apa yang bisa diakukan agar abrasi tidak lag terjadi. Entah gundukan batu pemcah ombak atau apalah namanya. Yang penting pantai tidak semakin tergerus dan keindahan pantai tetap terjaga walau ada bangnan penghambat ombak laut,'' harapnya.

Sebagai destinasi wisata bahari unggulan, perawatan dan pengembangan kawasan pantai di Rupat Utara harus digesa. Selain sebagai tempat rekreasi masyarakat, ke depan diharapkan pantai Rupat juga akan menjai daya tarik bersakala nasional sehingga mamu menghasikan PAD bagi daerah dan peningkatan ekpnomi masyarakat setempat.

''Penanganannya memang tidak bisa hanya dibebanka kepada Bengkalis saja, tapi harus keroyokan. Maksudnya, Pemrov Riau harus ikut tanggap dan bersama-sama melobi Pemerintah Pusat agar menggelontorkan APBN untuk pembangunan wisata Rupat,'' harapnya.*** #BENGKALIS