PEKANBARU - Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya Dan Warisan Dunia (LPP-BIFBWD) mengunjungi Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka hibah 5000 unit lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Jumat (30/4/2021).

Penyerahan bantuan itu langsung dikoordinasikan dengan Gubernur Riau, Syamsuar melalui Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Indra Agus Lukman di kantor Gubernur Riau.

Dewan pengawas LPP-BIFBWD, Agus Sudarmawan menjelaskan, dari 12 kabupaten/kota se-Riau, ada 5 daerah yang sudah mengajukan penerimaan PJUTS ini. 5 daerah itu iantaranya Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rohul, Rohil, dan Siak. Masing-masing daerah dapat 1000 unit.

"Jumlah titik pemasangan ada 1000 / kabupaten tapi kita memberikan target 5000 per-kabupaten," katanya.

Dengan pertemuan ini, Deputi Kemitraan LPP-BIFWD, Saiful Anwar berharap realisasi hibah ini bisa berjalan dengan lancar dan cepat. Hibah ini baru bisa berjalan ketika Gubernur Riau sudah memberikan surat arahan.

GoRiau Foto bersama perwakilan Tim Ko
Foto bersama perwakilan Tim Korwil LPP-BIFBWD Provinsi Riau dengan Koordinator Pusat LPP-BIFWD.

"Selain Riau bantuan hibah ini sudah menjangkau 12 provinsi yang mendaftar ke kita. Tapi yang jelas bantuan ini kita berikan dan prioritaskan pada daerah yang belum terjangkau," paparnya.

Ditanya kapan akan dimulai dipasang, dia mengatakan secepatnya, apabila admistrasi dari pemerintah Riau sudah selesai. Karena, dalam pemasangan PJUTS ini pihaknya baru bisa bekerja bila admistrasi dan aturan hukum sudah ada.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kadis ESDM Pemprov Riau, Indra Agus Lukman menyambut baik adanya bantuan hibah ini. Pemrov Riau dalam hal ini akan memfasilitasi syarat administrasinya.

"Harapan kita adanya bantuan hibah ini bisa terbantu dan juga termanfaatkan potensi kita yang ada. Kalau bisa merek PJUTS itu Riau nantinya," tuturnya.

Sekedar informasi, BIFBWD merupakan lembaga pengelola sumber dana baik dari hibah, CSR wakaf beserta dana lain yang bersifat bantuan dari perorangan perusahaan maupun lembaga-lembaga lain baik dari hibah dalam maupun luar negeri serta alternatif lain yang bersumber dari APBN.

Koordinator BIFBWD Wilayah Riau, Maskur Riza, usai acara audiensi dan diterima oleh Gubernur Syamsuar, mengatakan, hibah 5000 unit PJUTS tersebut tertuang dalam surat Kontrak dengan nomor : C.052/SPKK-PJU-P/BIFBWD-CSB/IV/2021 yang ditujukan kepada PT Gandi Galaxy Rohil, Selaku Direktur Jrf. Gandi dan ditandatangani Ketua Umum BIFBWD K.P Citropanuwun Al Abdulsalam Aziz. ***