JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, Siak, Riau merupakan tempat paling ideal untuk menyaksikan gerhana matahari cincin.

Menurut LAPAN, gerhana matahari cincin tersebut akan mampir ke Indonesia pada 26 Desember 2019.

Namun, fenomena ini tidak akan terlihat di semua wilayah. "Paling ideal itu di Kota Siak, Provinsi Riau," kata Sestama LAPAN Erna Sri Adiningsih di Kantor LAPAN, Jakarta Timur, Selasa (10/9/2019).

Fenomena ini kata Sestama, diprediksikan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Secara rentang waktu, gerhana matahari cincinhanya terjadi kurang lebih empat menit.

"Masyarakat harus diberi edukasi karena tidak semua bagian di Indonesia mengalami fenomena ini, karenanya ini bisa menjadi potensi destinasi wisata yang bisa mengedukasi,"

Erna berharap, dengan persiapan dini yang matang, fenomena gerhana matahari cincintidak hanya menarik wisatawan nasional tapi juga internasional.

Dia meyakini, banyak warga dari belahan dunia lain yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin. Tak hanya itu, fenomena ini dapat menjadi daya tarik bagi astronom, ilmuan bidang sains antariksa untuk melakukan pengamatan dan pengukuran seperti apa pengaruh gerhana matahari cincin ke bumi.

"Jadi harapan kami tidak hanya jadi event gerhana matahari cincin tapi juga teknologi keantariksaan," jelas dia.***