DUMAI - Kasus kriminalitas di Kota Dumai, Riau, sepanjang 2016 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang tercatat oleh Polres Dumai, terdapat penurunan sebanyak 137 kasus dari tahun lalu 533 kasus. Dimana hal itu menunjukkan situasi dan kondisi Dumai aman, tertib dan sangat kondusif.

Hal itu dikatakan Kapolres Dumai AKBP Donal H Ginting kepada GoRiau.com (GoNews Grup) dalam konferensi pers di halaman Mapolres Dumai Jalan Sudirman, Sabtu sore (31/12/2016).

"Kasus yang paling mendominasi di 2016, yaitu penipuan dan penggelapan sebanyak 111 kasus, kemudian disusul kasus pencurian sebanyak 106 kasus, dilanjutkan kasus curanmor sebanyak 34 kasus. Dari 34 kasus curanmor 26 kasus berhasil diungkap Polres Dumai," urainya.

Untuk kebakaran lahan dan hutan (karlahut), dikatakanya, sampai dengan akhir 2016, ada 16 kasus dengan tersangka 20 orang. Kasus tersebut telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Dumai melalui Kejaksaan Negeri Dumai.

"Ada 1 kasus yang belum bisa dilanjutkan, karena tersangka sakit keras. Sementara untuk LP yang lain sudah ada yang putus dan akan ada 2 LP lagi yang akan diselesaikan selanjutnya," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Ingatkan Warga Dumai Untuk Hindari Jalan Ini Jelang Malam Pergantian Tahun, Berikut Rekayasa Lalu Lintasnya

Untuk kasus penyelundupan sudah menjadi prioritas Kapolri dan Kapolda Riau untuk Polres Dumai, terangnya. Seperti di Satuan Polisi Air (Sat Polair) Polres Dumai telah menindak 16 kasus selama 2016.

Baca Juga: 67 Personel Polres Dumai Naik Pangkat, AKBP Donal Ginting: Kinerja Harus Ditingkatkan

"Dari kasus tersebut, barang bukti yang diamankan berupa 12 unit kapal motor, bawang merah sebanyak 26,4 ton, 6 unit mobil, dan 1 unit speed boat. Barang bukti tersebut sudah diserahkan Polres Dumai ke Karantina Dumai," jelasnya.

Saat press rilis AKBP Donal Happy Ginting didampingi Waka Polres Dumai Kompol Ferly Putra Rosa, Kasat Narkoba AKP Tumara, Kasat Sabhara AKP Maryanta, serta Kasi Propam Polres Dumai Iptu Zega.*** #KLIK Disini Untuk Baca Berita DUMAI