TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menganggarkan Rp450 juta untuk bantuan mahasiswa kurang mampu. Sebagian kecil, bantuan tersebut sudah disalurkan kepada penerima.

"Sudah ada 12 mahasiswa yang menerima. Karena mereka cepat mengurus, makanya cepat selesai," ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuansing Hendra AP, MSi, Selasa (8/9/2020) di Telukkuantan.

Untuk tahun 2020, lanjut Hendra, ada 180 orang mahasiswa yang akan menerima bantuan beasiswa. Dimana, setiap orang akan menerima Rp2,5 juta.

Permohonan bantuan beasiswa berada di Kabag Kesra Setda Kuansing. Untuk pencairan baru berada di BPKAD. Prosesnya, setiap calon penerima diminta melengkapi persyaratan.

"Ada beberapa syarat yang harus mereka penuhi. Seperti nomor rekening pribadi. Karena, dana ini langsung ditransfer ke rekening masing-masing," papar Hendra.

Setelah berkas penerima lengkap, Pemkab Kuansing membuat Naskah Perjanjian Dana Hibah Daerah (NPHD). Naskah tersebut ditandatangani oleh Kepala BPKAD dan mahasiswa yang akan menerima.

"Kemaren sudah ada sekitar 100-an NPHD yang saya tandatangani. Sekarang kami sedang menggesa agar proses pencairannya. Mudah-mudahan dalam minggu ini selesai," ujar Hendra.***