BAGANSIAPIAPI - 107 aparatur sipil negara (ASN) Dinas Pendidikan (Disdik) Rokan Hilir, Riau dilantik dan disumpah, Jumat (6/9/2019).

Rinciannya koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan 8 orang, pengawas 4 orang, 83 kepala sekolah SD dan SMP, 14 Plt kepala sekolah.

Pelantikan dilangsungkan di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi. ''Dari 109 ASN yang sebelumnya akan dilantik, 2 mengundurkan diri dengan alasan tak mampu memegang jabatan tersebut,'' ujar Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs H Jamiludin dalam kata sambutanya.

Menurut Wabup, untuk mengisi 27 jabatan kepala sekolah SD dan SMP yang ditinggalkan ASN pensiun, yang memenuhi persyaratan hanya14 orang saja. ''Jadi dalam waktu dekat kita akan ikut sertifikasi Cakep,'' ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan HM Wan Rusli Syarief menyebutkan mutasi merupakan hal biasa dan untuk menjadi kepala sekolah juga harus sesuai dengan ketentuan. ''Dulu ada Kasek golonganya lebih rendah dari guru biasa di sekolahnya, kini golongan Kasek lebih tinggi dari bawahanya sebab terkait DP3,'' ujar Rusli.

HM Wan Rusli Syarief meminta ASN yang dilantik  menjalankan tugas dengan baik, profesional dan mampu memenej tugas. ***