TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) merencanakan akan mengoperasikan bandara Tempuling pada minggu ke 2 bulan September, atau sekitar 1 minggu kedepan.

Pengoperasian Bandara yang terletak di Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling itu dikatakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Inhil, H Rosman Malomo baru-baru ini.

''Insyaallah akan beroperasi mulai minggu ke 2 bulan september 2014,'' kata Wabup.

Pengoperasian tersebut dikatakan Wabup sebagaimana hasil negosiasi Pemkab dengan Dirjen Hubungan Udara belum lama ini.

''Alhamdulillah, bandara Tempuling akan mengoperasikan pesawat Susi Air,saat ini masih dalam proses penandatanganan dengan pihak Dirjen Angkutan Udara,'' tambah Rosman.

Bandara Tempuling, sejak pertama kali dibangun memang hanya dioperasikan untuk keberangkatan jamaah Haji saja menuju Embarkasi Batam. Namun pada tahun 2014 ini, jamaah Haji kembali menggunakan Kapal untuk menuju embarkasi Batam.

Pemkab memang terus berupaya memaksimalkan penggunaan Bandara tersebut, bahkan sebelumny Bupati Inhil, HM Wardan telah meminta bantuan secara langsung kepada Gubernur Riau, H Annas Maamun mengalokasikan APBD Provinsi untuk Bandara itu.

Namun, karena Gubri tidak berkenan membantu, karena menurut Gubri masih banyak hal lain yang masih bisa dibantu di Inhil ini seperti pembangunan jalan dan Rumah Layak Huni (RLH). (ayu)