PELALAWAN- Sore itu, Rindi (19) dengan melangkah sambil menoleh kanan-kiri menuju halaman Masjid At-Taqwa, Riau Kompleks. Sambil membawa kupon daging kurban, gadis berkerudung putih ini menemui panitia kurban yang sedang bertugas membagikan ribuan kantong daging kurban kepada masyarakat sekitar. Tak lama, gadis yang tinggal di Pangkalan Kerinci ini akhirnya mendapatkan daging kurban untuk dibawa pulang ke rumah sembari tersenyum merekah.

Sosok Rindi merupakan satu dari sekian banyak masyarakat yang menerima berkah hari raya Idul Adha 1437 H tahun 2016 ini. Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyerahkan sebanyak 251 hewan kurban di lima kabupaten di Riau. Hewan kurban tersebut terdiri dari 39 ekor sapi dan 212 ekor kambing yang disalurkan kepada masyarakat di 135 Desa. Untuk kabupaten Pelalawan, RAPP membantu 21 ekor Sapi dan 42 ekor Kambing, kemudian di Kabupaten Siak menerima 6 ekor Sapi dan 26 ekor Kambing, Kabupaten Kuantan Singingi menerima 1 ekor Sapi dan  84 ekor kambing, lalu di Kabupaten Kampar menerima 3 ekor sapi dan 32 ekor kambing, dan di Kabupaten Kepulauan Meranti menerima 6 ekor sapi dan 28 ekor kambing.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban2jpg-5171.jpgDeputi Direktur RAPP menyerahkan secara simbolis hewan kurban ke Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat sekaligus  Desa Kabupaten Pelalawan, Drs Zamur Das di BPPUT Pangkalan Kerinci disaksikan oleh perwakilan dari desa-desa yang menerima bantuan hewan Kurban.

Ketua Panitia penyerahan hewan kurban RAPP, Samsuriya M Hasyim mengatakan program keagamaan ini rutin diadakan setiap tahun. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kepedulian RAPP kepada masyarakat.

Ads
"Masyarakat di daerah terpencil tidak setiap saat menikmati daging. Dengan kurban perusahaan, masyarakat dapat menikmati daging kurban. Lebih dari itu kami juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi kepada sesama," kata Samsuriya saat acara penyerahan hewan kurban di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Jumat (9/9) baru-baru ini, di Pangkalan Kerinci.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban3jpg-5170.jpgKepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pelalawan sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Pelalawan Cerdas Amanah Drs Zamur Das ketika memberika sambutan di Aula BPPUT. Beliau mengutarakan bahwa tidak mungkin suatu daerah sejahtera hanya dengan peran pemerintah saja, tetapi juga masyarakat dan perusahaan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pelalawan sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Pelalawan Cerdas Amanah, Drs Zamur Das mengatakan penyaluran ini sekaligus bentuk hubungan silahturahmi antara perusahaan dan masyarakat.

"Selain hubungan silahturahmi, hal ini juga bentuk perusahaan membangun masyarakat,karena tidak mungkin suatu daerah sejahtera hanya dengan peran pemerintah saja, tetapi juga masyarakat dan perusahaan," ujar Zamur Das.

Ribuan Paket Kurban untuk Masyarakat

Selain membantu ratusan hewan kurban, melalui Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA), karyawan RAPP juga membagikan 6.426 kantong paket daging kurban kepada masyarakat sekitar. Tahun ini, jumlah peserta meningkat sebesar 20,8 persen dari tahun lalu, dari 520 peserta menjadi 628 peserta.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban4jpg-5169.jpgCommunity Development  RAPP menyerahkan 1 sapi kepada Desa Sungai Apit, Kabupaten Siak. Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyerahkan sebanyak 251 hewan kurban di lima kabupaten di Riau.

Total keseluruhan yang dikurbankan berjumlah 89 ekor sapi dan 5 ekor kambing dengan perincian Masjid  At-Taqwa Townsite 1 sebanyak 283 peserta (40 sapi dan 3 kambing), Masjid Al-Mubarak 157  peserta (22 sapi dan 3 kambing ), Masjid Nurul Mubarak sebanyak 91 peserta (13 sapi) serta Masjid Al Muhajirin sebanyak 98 peserta (14 sapi).

Ribuan kantong daging kurban ini dibagikan ke desa-desa seperti di Pangkalan Kerinci, Desa Sering, Desa Lalang Kabung, Desa Kuala Tolam, keluarga yatim piatu binaan LAZIS IMRA, para guru MDA serta para pekerja kontraktor RAPP. Sebelum daging kurban dibagikan, kondisi daging diperiksa oleh dokter hewan perusahaan, sehingga dapat dipastikan setiap hewan kurban tersebut terhindar dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban5jpg-5168.jpgWarga Desa Segati, Langgam, Kabupaten Pelalawan menerima bantuan hewan kurban berupa kambing oleh tim CD RAPP. Untuk kabupaten Pelalawan, RAPP membantu 21 ekor Sapi dan 42 ekor Kambing.

Direktur RAPP, Rudi Fajar menjelaskan kegiatan ini merupakan program tahunan semenjak RAPP berdiri. Bantuan hewan kurban ini merupakan peran RAPP dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

"Ini adalah kesempatan terbaik untuk berbagi kepada masyarakat, karena sesuai dengan filosofi Bapak Sukanto Tanoto dalam menjalankan bisnisnya, yakni baik untuk masyarakat (Community), baik untuk negara (Country), baik untuk iklim (Climate), dan baik untuk perusahaan (Company). Kami harap dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. " ucap Rudi Fajar. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban6jpg-5167.jpgPengurus Desa Lubuk Dalam menerima sumbangan kambing dari RAPP. Warga menyatakan terimakasih atas perhatian RAPP dalam berbagi hewan kurban kepada desa-desa di sekitar perusahaan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban7jpg-5166.jpgMill Direktur RAPP, Ali Shabri (tengah berbaju putih) turut membantu proses penyembelihan hewan Kurban di Masjid At-Taqwa. Peningkatan jumlah peserta yang signifikan dari tahun sebelumnya ini menjadi indikator bahwa karyawan semakin banyak menyadari pentingnya berkurban.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/19092016/kurban8jpg-5165.jpgPara karyawan dan warga sekitar tampak ramai membantu proses pemotongan daging di masjid  Muhajirin BLI townsite 1. Tahun ini jumlah peserta yang berkurban meningkat sebesar 20,8% dari tahun lalu mencapai 628 peserta.