PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Kualitas udara yang buruk akibat kabut asap menyebabkan warga di Provinsi Riau mengalami berbagai masalah kesehatan dan membutuhkan pertolongan medis. Menyikapi kondisi ini, PT. Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) berinisiatif mendirikan pos kesehatan peduli asap di lima lokasi di sekitar wilayah operasional perusahaan pulp dan kertas ini yang meliputi Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Kota Pekanbaru sejak Selasa, (22/09) dan akan beroperasi selama sebulan hingga kondisi asap mulai membaik.

General Manager Stakeholder Relations (SHR) PT RAPP, Wan Mohd Jakh Anza menyatakan bahwa RAPP secara nyata ingin mengurangi dampak kesehatan yang disebabkan oleh asap dengan membuat pos kesehatan di beberapa titik dilengkapi dengan tenaga kesehatan dan peralatannya.

''RAPP secara penuh menyumbang tenaga kesehatan perusahaan untuk siaga di setiap pos kesehatan yang terletak di lima wilayah ini, dilengkapi dengan peralatan kesehatan seperti tabung oksigen, obat-obatan, vitamin kesehatan, nebulizer, serta 10.000 lembar masker untuk warga. Kami siaga mulai dari pukul 08.00-17.00 setiap harinya,'' ungkapnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23092015/kesehatan2-3054.jpgSalah satu warga Kuansing sedang memeriksakan kesehatannya di Pos Kesehatan Peduli Asap RAPP, Kabupaten Kuantan Singingi.Dua pos kesehatan yang berada di kota pekanbaru, sempat dikunjungi oleh pejabat Provinsi Riau dan Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi. Nurendi pada Selasa (22/9) sore kemarin sempat mengunjungi pos kesehatan yang berada di depan Plaza Sukaramai, Pekanbaru pada Selasa(22/9).

Sementara pos kesehatan gabungan yang berada di depan Purna MTQ Pekanbaru juga dikunjungi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafri. Andra mengapresiasi upaya yang dilakukan perusahaan dalam membantu masyarakat mengurangi dampak kesehatan karena bencana asap. “Kita bersama-sama mendirikan pos kesehatan ini sebagai bentuk layanan pertolongan pertama sekaligus mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Semoga pos kesehatan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Andra.

Selain itu, tampak puluhan warga sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya pos kesehatan yang berada di Pasar Baru Pangean, Kecamatan Pangean, Kuansing. Petugas kesehatan RAPP yang dibantu dengan dua relawan dari Kolompok Pecinta Lingkungan (KPL) Kab. Kuansing serta UPTD Kesehatan Pangean tampak sibuk melayani para warga yang rata-rata mengalami masalah saluran pernapasan dan tenggorokan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23092015/kesehatan3-3053.jpgSalah satu Pos Kesehatan Peduli Asap RAPP yang berdiri di Jalan Lintas Barat, Pasar Baru Pangean,Kabupaten  Kuantan Singingi.Direktur PT RAPP, Rudi Fajar menyatakan bahwa didirikannya pos kesehatan ini sebagai upaya membantu masyarakat. Rudi juga mempersilakan para warga yang berada di sekitar pos kesehatan untuk memeriksakan kesehatannya dan mendapatkan obat secara gratis.

''Kita sangat prihatin dengan apa yang sedang berlangsung saat ini, yakni asap yang mengganggu kesehatan. Untuk itu, mari kita bersama-sama menunjukkan rasa simpati kita dengan bersama-sama melakukan langkah untuk menanggulangi permasalahan ini. Salah satu upaya yang dilakukan RAPP adalah dengan membangun pos pelayanan peduli kesehatan untuk masyarakat secara gratis di lima titik,'' tutup Rudi. (rls)