BENGKALIS, GORIAU.COM - Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno meresmikan outlet promosi dagang dan industri di pelabuhan Roro Air Putih, Bengkalis, Selasa (13/11/2012). Ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan serta mempromosikan produk usaha ekonomi menengah. Kamar Dagang dan Industri bersama Dinas Perindustrian diharapkan bisa membina para pelaku usaha yang ada.

''Saya harapkan dengan pembukaan outlet promosi produk dagang dan industri ini, selain memasarkan dan mengenalkan produk juga sekaligus bisa membangkitkan jiwa wirausaha masyarakat,'' ujar Wabup saat meresmikan pemakaian outlet promosi produk dagang dan produk industri kecil di pelabuhan Roro Air Putih, Bengkalis, Selasa ((13/11/2012).

Kedepan juga diharapkan muncul wirausaha baru yang mampu menciptakan kreasi dan inovasi produk yang dihasilkan bercirikan Bengkalis atau tidak dimiliki daerah lain. ''Seperti kain tenun, lempuk durian, belacan serta terasi yang selama ini menjadi produk andalan Bengkalis. Ini harus bisa dikembangkan oleh pelaku usaha untuk bisa diproduksi dan bersaing dengan produk dari luar,'' harap Wabup.

Para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis diharapkan bisa secara optimal memanfaatkan sarana promosi ini untuk mendukung peningkatan produksi dan pemasan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, mengingat pelabuhan roro Air Putih merupakan salah satu pintu masuk dan keluar Pulau Bengkalis.

''Outlet ini diharapkan tidak hanya mempromosikan berbagai jenis produk khas Bengkalis saja, tetapi juga mengenalkan potensi lain dari Kabupaten Bengkalis,'' pinta Wabup.

Ditambahkan Wabup, MTQ XXXI Tingkat Provinsi Riau tidak lama lagi akan berlangsung di Bengkalis dan ajang ini sangat bagus digunakan untuk mempromosikan produk kepada tamu yang datang dari luar daerah, terutama untuk cenderama mata khas dari Bengkalis.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Umum Keorganisasian dan Keanggotaan Kadin Bengkalis, Syahrizal juga mengharapkan dengan telah diresmikan outlet ini bisa menampung sejumlah produk hasil dari UKM di Bengkalis untuk dijual.

''Kita berharap ke depan bersama instansi terkait bisa mengembangkan sejumlah produk dari UKM yang akan dipasarkan melalui outlet ini. Oulet ini juga sebagai wujud peran dan fungsi Kadin dalam membangun program kemitraan dengan Pemda serta menjadi induk dari para pengusaha dan dunia usaha. Kepada pihak perbankan yang ada juga diharapkan bisa membantu para pelaku usaha yang ada,'' ujar Syahrizal. (jfk/rls)