JAKARTA - Timnas U 23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U 23 AFC 2024 yang akan digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. Kemenangan bagi kedua tim sangat penting untuk merebut tempat di laga final sekaligus memastikan tiket ke Olimpiade 2024 Paris. 

Pasukan Garuda Muda membuat kejutan melaju ke semifinal setelah mengalahkan tim kuat Korea Selatan (Korsel) dalam drama adu penalti 11-10 setelah skor berakhir 2-2 dalam laga perpanjangan waktu.

Pelatih Timnas U 23 Indonesia Shin Tae-yong mewaspadai gaya gaya menyerang dan bertahan dari Uzbekistan yang sama baiknya. "Uzbekistan cukup bagus. Transisi mereka saat menyerang dan bertahan sama baiknya," kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers pada Minggu (28/4/2024).

Keunggulan Uzbekistan itu, kata Shin Tae-yong saat dirinya menyaksikan penampilannya di perempat final. Saat itu, katanya, anak asuhan Timur Kapadze sukses mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

"Pemikiran yang saya miliki setelah menonton pertandingan Uzbekistan. Dan, saya menyadari alasannya," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

"Bagaimana mereka mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak bisa kebobolan satu gol pun," tambahnya. ***