RENGAT, GORIAU.COM - Setelah mematangkan seluruh persiapan, kafilah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) siap menjadi yang terbaik pada perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 33 tingkat Provinsi Riau tahun 2014 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Pada MTQ yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Riau itu, Kabupaten Inhu mengutus sebanyak 38 kafilah dan 18 ofisial. Pada MTQ ini, kafilah Kabupaten Inhu akan mengikuti seluruh cabang dan seluruh nomor yang diperllombakan.

"Pada MTQ ke 33 ini, kita hanya mengutus sebanyak 38 kafilah dan 18 ofisial. Inhu akan mengikuti 7 cabang lomba yang dipertandingkan, yaitu Tilawah, Hifizh Quran, Tafsir Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahtis atau hafalan Quran serta Musabaqah Menulis Alquran (M2Q) atau Kaligrafi", ujar ofisial kafilah yang juga Kasubag Agama Bagian Kersa Setda Inhu, H Ahmat Jalil, Jumat (12/12/2014).

Sementara itu, sebutnya, sebagai penggembira pada acara pembukaan pada, Sabtu (13/12/2014), Inhi mengutus sekitar 400 penggembira yang terdiri dari masyarakat dan pegawai setiap SKPD.

"Dalam MTQ ke 33 ini, Kabupaten Inhu tak muluk-muluk, hanya saja ingin menjadi yang terbaik. Setidaknya, masuk dalam peringkat lima besar se Riau", tambahnya.

Namun, saat ditanyakan tentang peringkat Kabupaten Inhu pada MTQ ke 32 Riau yang diselenggarakan di Kabupaten Rohul, Ahmat Jalil mengaku bahwa kafilah Inhu hanya mampu berada diurutan 11.

"Memang pada MTQ Riau sebeumnya, Inhu berada pada peringkat 11, namun untuk MTQ saat ini, kita yakin Inhu akan mampu bersaing dan masuk dalam urutan lima besar. Apa lagi persiapan Inhu saat ini telah cukup matang", tandasnya.(jef)