JAKARTA - Timnas U 23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U 23 AFC 2024 yang akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. 

Meski tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang dikenal begitu dekat para pemain hingga pelatih Timnas, memompa semangat Rizky Ridho Cs untuk mengalahkan juara Piala Asia U 23 edisi 2018 itu.

"Saya cinta sekali dengan sepakbola, khususnya Timnas. Saya berterima kasih atas perjuangan luar biasa yang telah dilakukan sejauh ini bagi kebanggaan persepakbolaan Indonesia. Teruslah berjuang memberikan hasil yang terbaik dan membanggakan bagi bangsa Indonesia. Saat ini, sepakbola kita sudah mulai diperhitungkan oleh negara lain, tidak hanya di kawasan ASEAN, namun di Asia hingga dunia," ungkap Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 itu.

Secara khusus, Iwan Bule, paggilan akrabnya, mengucapkan terima kasih kepada Shin Tae-yong yang telah memberikan bukti hasil kerjanya terhadap roadmap yang telah dipaparkan kepada pengurus PSSI periode 2019-2023.

"Terima kasih adik ku Shin Tae-yong, kamu telah memberikan hasil terbaik sesuai janji terdahulu kepada bangsa Indonesia melalui federasi sepakbola Indonesia, yang kini sudah terlihat hasilnya melalui proses yang dilakukan sejauh ini," ungkapnya.

"Kepada kawan-kawan saya yang kini berada di federasi, terus menjaga agar timnas kita tetap secara berkesinambungan berkiprah menjadi macan Asia bahkan dunia, seperti perkataan Presiden terpilih kita Bapak Prabowo Subianto yang menyampaikan Insha Allah suatu saat Indonesia akan tampil di putaran final Piala Dunia. Bismillah, kita doakan keberhasilan mereka," tambahnya.

Tak hanya itu, Iwan Bule pun optimis jika Rizky Ridho cs., mampu meraih tiket final Piala Asia U23 yang sekaligus menggenggam tiket Olimpiade Paris 2024 dengan mengalahkan Uzbekistan.

Rasa optimis Iwan Bule itu berdasarkan penampilan yang sangat luar biasa dari tim racikan Shin Tae-yong itu yang sebelumnya sukses mengalahkan tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1), hingga Korea Selatan yang pernah menjadi juara Piala Asia U23 tahun 2020 melalui drama adu penalti yang berakhir dengan skor 11-10 (2-2).

"Kalau kita melihat dari trend dan penampilan Timnas U23 dalam perjalanannya diputaran final Piala Asia U23 sangat luar biasa dari awal turnamen, meskipun kita kalah dari Qatar lantaran ada faktor teknis yang menurut saya tidak pas, saya yakin anak-anak kita melalui ramuan strategi Shin Tae-yong mampu mengalahkan Uzbekistan pada hari Senin nanti," ungkapnya.

"Semangat meraih kemenangan sangat berkobar di skuad Timnas U23. Saya yakin mereka akan kembali menampilkan permainan terbaiknya dengan memberikan perlawanan kepada Uzbekistan, meski tim yang akan dihadapinya itu belum pernah kalah, bahkan kebobolan sekalipun dalam perhelatan Piala Asia U 23 edisi kali ini," pungkas Iwan Bule. ***