JAKARTA - Tindakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengunggah foto gelas Starbucks menutupi Kakbah berlatar belakang suasana di Masjidil Haram menuai hujatan dari warganet sejak beberapa hari lalu.

Dikutip dari Tempo.co, pendakwah Hilmi Firdausi turut mencuitkan kekecewaannya kepada putri Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas tersebut. Hilmi menilai Zita tidak memiliki rasa empati dan kepekaan terhadap penderitaan warga di Gaza, Palestina, yang diperlakukan Israel secara keji dan biadab.

GoRiau Zita Anjani. (detiknews)
Zita Anjani. (detiknews)

Hilmi mengecam sikap Zita yang dinilainya justru bangga mengunggah produk pendukung serangan Israel ke Palestina tersebut dengan latar belakang Masjidil Haram dan menutupi Kakbah.

"Anda tahu kan, Qunut Nazilah sering dibacakan di Masjidil Haram untuk kemenangan rakyat Palestina... Anda pasti ikut mengaminkan, tapi kenapa selanjutnya postingan Anda seperti menantang para pendukung Palestina yang menyuarakan pemboikotan," tulis Hilmi.

Hujatan serupa juga dilontarkan warganet lainnya kepada putri kedua Zulhas tersebut.

Memancing Obrolan

Menanggapi hujatan warganet tersebut Zita Anjani mengatakan, foto gelas kertas Starbucks menutupi Kakbah yang diunggahnya di akun Instagramnya saat umrah itu beberapa hari lalu merupakan upayanya memancing obrolan. Ia tak menduga niatnya memancing diskusi justru berbuah perundungan kepadanya di media sosial.

"Kok bisa brand itu masih dijual bebas di Tanah Suci?' Sayangnya, pesan tersebut tidak tersampaikan dengan baik, tapi cacian dan penghakiman yang saya terima. Bukan membela diri tapi saya tahu jelas di barisan saya berdiri. Saya Zita Anjani, I stand with Palestine," ujarnya dalam unggahan klarifikasi yang diunggahnya pada Jumat malam (26/4/2024).

Zita menyesalkan netizen yang justru terfokus pada siapa pembawa pesannya, bukan isi pesannya.

"Saya sangat prihatin pada kasus teror dan genosida besar-besaran pada saudara-saudara kita di Palestina, dan saya memanfaatkan akun sosial media sosial saya untuk menyuarakannya," tulisnya pada keterangan di unggahan.

Ia mengaku bahwa selama ini tak sekadar menentang genosida Israel terhadap warga Palestina. Ia juga turut berdonasi dengan menyumbangkan jam tangan kesayangannya.***