SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Prihatin dengan kinerja kepala dinas dan kepala badan di lingkungan Pemkab Siak, Riau, selama setahun setengah kepemimpinannya sebagai kepala daerah, Bupati Siak, H Syamsuar kembali mengingatkan seluruh pimpinan SKPD di daerah ini untuk berani bicara, termasuk saat diwawancarai wartawan.

''Selaku pimpinan, kepala dinas dan badan harus berani bicara, kalau perlu bicara dan sampaikan pada wartawan, Sekarang ini ternyata masih ada juga pejabat yang takut sama wartawan, takut untuk diwawancarai,'' ujar Syamsuar pada Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV Kabupaten Siak Jumat (11/1/2013) di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak. Eselon II dan III dilantik langsung oleh Bupati Siak pagi hari, sementara Eselon IV dilantik oleh Wakil Bupati Siak Alfedri sore hari.

Syamsuar menambahkan, keberanian para pejabat yang baru dilantik untuk berbicara penting guna menyampaikan pemikiran dan permasaalahan yang ada dan juga menjawab pertanyaan yang muncul dari masyarakat pada bidang yang dikerjakan.

''Kemampuan berbicara ini akan mendukung kinerja pejabat dan dinas atau badan yang dipimpin, karena itu selaku pimpinan, kadis dan kaban harus bicara, kalau perlu bicara dan sampaikan pada wartawan program yang dilaksanakan. Saya melihat sekarag ini masih ada pejabat yang takut sama wartawan, takut diwawancara, ke depan ini tak boleh lagi,'' tambahnya.

Syamsuar menegaskan, tahun 2013 ada target yang perlu dicapai, salah satunya, mendukung program reformasi birokrasi dimana Siak sudah dipercaya oleh gubenur sebagai contoh reformasi birokrasi. ''Ini adalah kepercayaan untuk kita, sata berharap kepercayaan ini bisa kita laksanakan dengan baik,'' ujarnya. (adv)