PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ingin mengambil alih sepenuhnya pengelolaan Blok Siak dari kuasa PT Pertamina. Rencananya, PT Riau Petrolium menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengelola ke depan.

Karena berdasarkan koordinasi dengan Kementerian ESDM, pengelolaan Blok Siak oleh PT Pertamina hanya bersifat sementara. "Riau Petrolium cukup bagus dan bisa dipercaya mengelola Blok Siak," tandas Kepala Biro Administrasi Setdaprov Riau, Syahrial Abdi.

Karena batas waktu yang diberikan Kementerian ESDM oleh PT Pertamina dinilai sudah cukup dan sudah saatnya diambil alih. Pertemuan Pemprov Riau dengan Kementerian ESDM beberapa waktu lalu di Jakarta untuk memastikan jika Pertamina hanya sementara mengelola Blok Siak.

"Hasil konsultasi kita dengan pusat menghasilkan kepastian bahwa hak PT Pertamina mengelola Blok Siak hanya bersifat sementara, dan kita ingin mengelola sepenuhnya," tegasnya.

Apalagi dijelaskan Syahrial, saat ini sudah ada regulasi baru yang mendukung daerah dalam pengelolaan produksi minyak dan gas. "Kita berhak mengelola, itu sudah diatur dalam undang-undang," pungkasnya.***