PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Di bawah naungan KPU Pelalawan, sebanyak 25 orang relawan yang tergabung sebagai Demokrasi Pelalawan, mengikuti pembinaan dan pelatihan selama dua hari di Grand Hotel Pangkalan Kerinci dari hari Jumat hingga Sabtu (14/2/2014) ini.

"25 orang relawan itu akan menjadi motivator guna menumbuhkan partisipasi para pemilih dalam pelaksanaan Pemilu, dan selanjutnya akan disebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan,"jelas Ketua KPU Pelalawan, Abdul Hamid, Jumat (13/2/2014).

Abdul Hamid mengungkapkan, 25 orang relawan diberikan pembinaan dan pelatihan tekhnis penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan dan motivasi-motivasi dalam meningkatkan partisipasi para pemilih.

"Para mentor yang akan memberikan pembinaan dan pelatihan nantinya berasal dari KPU Pelalawan. Sedangakan materi seputar tekhnis pelaksanan pemilu, ketatanegaraan dan segala hal yang berbungan dengan pelaksanaan demokrasi,"bebernya.

Abdul Hamid menambahkan, perekrutan 25 orang relawan ini telah melalui proses pendaftaran terbuka yang dilakukan oleh KPU Pelalawan pada 3 bulan lalu.

"Para relawan terdiri dari mahasiswa, pemuda, tokoh masyarakat dan lain-lain. Jadi 25 relawan ini dalam pengawasan KPU Pelalawan dengan tugas sesuai petunjuk dari KPU Pelalawan,"jelasnya.

Diharapkan, sambung Abdul Hamid, 25 orang relawan agar menjadi perpanjangan tangan KPU Pelalawan dalam melalui tahapan Pemilu.

"Mereka inilah nantinya akan mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu serta mitivator masyarakat untuk meningkatkan keikutsertaan para pemilih dalam menggunakan hak suaranya pada Pileg dan Pilpres mendatang,"tutupnya.(rkn)