PEKANBARU - Sebanyak lima pasangan calon (Paslon) Walikota/Wakil Walikota Pekanbaru dan enam pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Kampar yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2017, menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Pekanbaru, Senin (26/9/2016).

Kelima Paslon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru yang ikut tes hari ini antara lain Ramli Walid-Irvan Herman, Firdaus-Ayat Cahyadi, Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah, Herman Nazar-Deviwarman serta Said Zohrin. Hanya Bakal Calon Syahril yang belum datang, karena keterlambatan informasi.

Menurut Ketua KPU Kota Pekanbaru H. Amir Sijaya, Paslon dijadwalkan akan menjalani tes kesehatan selama dua hari, untuk hari ini, pemeriksaan difokuskan pada kesehatan psikologi dan pasikiatri.

"Jadi karena di Riau ada 2 daerah yang melaksanakan Pilkada yakni Pekanbaru dan Kampar, dimana keduanya melakukan tes kesehatan sama-sama di RSUD Arifin Achmad. jadwalnya terpaksa dibagi dua. Hari ini untuk Paslon dari Pekanbaru tes psikologi dan psikiatri, sedang Kampar tes Narkoba. Besok kebalikannya," kata Amir Sijaya.

Ia mengungkapkan, hasil tes ini dilakukan secara cermat oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN). "Hasil tes nanti sepenuhnya kewenangan mereka dan tim," ungkap Amir lagi.

Sementara itu, enam pasang balon Bupati dan Wakil Bupati Kampar ini adalah H Alfisyahri-Asbin Wibowo, H Zulher-Dasril Affandi H Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto, H Jawahir-H Bardansyah Harahap, Muhammad Amin-H Muhammad Saleh dan H Rahmat Jevary Juniardo-H Khairuddin Siregar menjalani pemeriksaan kesehatan dan bebas Narkoba yang berlangsung di lantai dasar RSUD Arifin Ahmad. ***