MALANG - Soal isu reshufle kabinet kerja, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengaku sepenuhnya menyerahkan ke pihak pemerintah Jokowi-JK.

Pasalnya kata dia, soal perombakan kabinet adalah merupakan hak sepenuhnya Presiden. "Jadi begini, kalian kawan-kawan wartawan jangan 'goreng' terus soal reshufle ini, kasihan beliau, biarkan Pak Jokowi kerja dengan tenang, menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik, jangan didesak-desak," ujar Zulkifli Hasan, usai membuka Press Gathering pimpinan MPR dengan Koordintoriat Wartawan Parlemen, Jumat (28/7/2017) di Kota Malang, Jawa Timur.

Dan masih kata dia, sikap PAN hingga saat ini masih tidak berubah. "Iya kemarin memang sempat ada permintaan dari orangtua kita, Pak Amien Rais yang menginginkan agar kader PAN keluar dari kabinet, itu kita dengar, tapi tetap harus dimusayawarahkan terlebih dahulu ditingkat pimpinan," paparnya.

Disinggung soal pertemuan SBY dengan Prabowo, Zulkifli Hasan juga mengaku sangat mengapresiasi. "Iya itu langkah baik, pertemuan elit politik itu hal biasa, dan menurut saya itu sangat bagus, mempererat hubungan silaturahmi, jadi tidak masalah," paparnya.

Lalu bagaimana sikap PAN di 2019? Apakah tetap mendukung Jokowi di Pilpres?. "Soal Pilpres itu kan masih lama, waktunya masih panjang, nantilah kita bahas. Saat ini yang jelas, bagaimana fokus dengan berbagai perencenaan baik itu ekonomi, insfrastuktur, pendidikan dan bagaimana upaya kita menurunkan atau menghilangkan kesenjangan sosial," urainya.

Namun demikian kata dia, PAN saat ini masih tetap solid. Soal dukungan capres, Zulkifli mengaku masih akan menggodok dan melakukan survey ditingkat internal. ***