PEKANBARU - Setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau hari lebaran, yang tinggal menghitung hari. Menjelang hari besar itu, Walikota Pekanbaru Firdaus, melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman mengingatkan agar masyarakat Pekanbaru merayakan lebaran dengan tidak berlebihan.

"Beberapa hari lagi, kita akan merayakan Idul Fitri, tidak bosan - bosannya kami menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan dengan sederhana, tidak dengan cara berlebihan. Sehingga makna Idul Fitri dapat kita ambil setelah 30 hari kita melaksanakan ibadah puasa," jelasnya, Senin, (27/5/2019).

Kemudian, ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang hendak mudik, agar memastikan keadaan rumah ditinggalkan dalam kondisi aman. Hal itu demi menghindari terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan selama masa mudik.

"Bagi yang mudik lebaran, kami ingatkan, agar menitipkan rumahnya kepada tetangga, pastikan terkunci dengan baik, tidak ada barang elektronik yang hidup, kompor dan air juga," paparnya.

Selain itu, ia juga kembali mengingatkan kepada masyarakat yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak sekali - kali menggunakan fasilitas negara, terutama kendaraan dinas untuk keperluan liburan lebaran. ***