DUMAI-Angka kematian pasien positif Covid-19 di Kota Dumai terus bertambah. Sementara Ruang ICU dan isolasi biasa bagi pasien Covid-19 ‎di RSUD Dumai sudah penuh.

Pada Kamis (22/7/2021) ada tiga kasus kematian akibat terpapar Covid-19. Tidak hanya itu, penambahan kasus baru juga meningkat, bahkan angkanya mencapai 48 kasus baru.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Kota Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa perkembangan Covid-19 di Kota Dumai sudah mengkhawatirkan. Pasalnya, selain penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah, beberapa hari belakangan kasus kematian juga terus bertambah.

‎Ia menambahkan, pada Kamis (22/7/2021) telah terjadi penambahan sebanyak 48 kasus positif Covid-19 baru. Rinciannya, 14 kasus menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan 34 menjalani isolasi mandiri.

"Dengan terus terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 dan kasus kematian, kami dari Satgas meminta tolong dengan sangat kepada masyarakat agar lebih disiplin menerapkan prokes," imbaunya.

"Perketat lagi prokesnya dan gunakan masker dengan benar jangan dikendorkan, apalagi angka kematian sudah mencapai 145 kasus," ujarnya seperti dikutip dari  Pekanbaru.tribunnews.com, Jumat (23/7/2021).

Dijealskan Syaiful, secara akumulasi total kasus Covid-19 yang tercatat di Kota Dumai telah menembus angka 7.373 kasus positif. Terdiri dari 647 orang menjalani isolasi mandiri dan 80 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, 6.501 dinyatakan sembuh dan 145 orang meninggal dunia.

‎Bukan hanya itu saja, tambah Syaiful, kondisi ruang ICU dan ruang perawatan isolasi pasien Covid-19 di RSUD Dumai sudah penuh. Tentunya hal ini membuat kerja tenaga medis semakin berat. Untuk itu, dia meminta protokol kesehatan lebih diketatkan.

"Rua‎ng ICU ada 6 kamar, dan sudah tersi penuh, ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD 63 tempat tidur juga sudah terisi," ujarnya.

"Bahkan dalam satu kamar seharusnya satu orang sudah diisi dua orang," tambahnya.

Untuk menyiasati agar pasien tetap tertangani dengan baik, maka pasien terpaksa antre dan diletakkan di ruang UGD.***