PADANG - Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) yang dinyatakan sembuh terus bertambah. Hingga Selasa (12/5/2020), total pasien sembuh sudah mencapai 70 orang.

Data tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Selasa. ''Sembuh bertambah tiga orang, sehingga total sembuh 70 orang,'' kata Jasman, seperti dikutip dari Republika.co.id.

Dijelaskan Jasman, tiga orang yang berhasil sembuh dari Covid-19 itu diantaranya adalah warga Bukittinggi yakni seorang pria 31 tahun yang bekerja sebagai polisi. Ia selama ini diisolasi di Rumah Sakit Universitas Andalas.

Kemudian, seorang wanita berusia 71 tahun. Ia adalah warga Puruih Kabun yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswasta. Pasien itu selama ini dirawat di RSUP M Djamil Padang.

Selanjutnya, warga Puruih Kabun yang juga seorang wiraswasta dan selama ini diisolasi di RSUP M Djamil Padang.

Namun juga ada penambahan satu pasien Covid-19 yang meninggal di Sumbar, yakni seorang pria berusia 52 tahun, warga Lubuk Minturun, Kota Padang. Ia sebelumnya diisolasi di RSUP M Djamil.

Total jumlah kasus Covid-19 di Sumbar hingga Selasa (12/5/2020), sebanyak 319 orang. dengan rincian: 136 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi daerah 48 orang, Bapelkes 14 orang dan di BPSDM 33 orang, meninggal dunia 18 orang dan sembuh 70 orang.

Data terbaru jumlah orang dalam pemantauan(ODP) di Sumbar sebanyak 8.791 orang. ODP yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 251 orang, 58 ODP karantina di fasilitas Pemda, 193 ODP isolasi mandiri di rumah dan sudah selesai pemantauan sebanyak 8.540 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumbar sebanyak 616 orang. 69 PDP masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sembari menunggu hasil swab dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sebanyak 547 PDP sudah dinyatakan negatif, sehat dan diperkenankan pulang. ***