TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), Selasa (21/9/2021). Salah satu sekolah yang dikunjungi adalah SDN 016 Sako, Kecamatan Pangean.

Dalam kunjungan ini, Bupati Kuansing menemukan masih ada siswa yang tidak memakai masker saat belajar di dalam ruangan. Sontak, bupati langsung mengingatkan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing, Masrul Hakim tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan.

"Saya lihat tadi, masih ada siswa yang tak pakai masker saat belajar. Saya minta Pak Kadis, untuk intens melakukan pengawasan ke seluruh sekolah. Jangan sampai muncul kasus baru dari klaster sekolah," ujar Andi Putra.

Dikatakan Andi Putra, penerapan prokes di sekolah sangat penting agar tidak muncul kasus baru. Apalagi, kasus Covid-19 di Kuansing sudah mengalami penurunan. Hal itu pula membuat Kuansing berada di zona kuning dengan tingkat resiko rendah.

"Disiplin masyarakat harus ditingkatkan lagi, agar Kuansing berada di zona hijau. Kalau sudah zona hijau, itu artinya sudah aman. Untuk itu, saya minta semua elemen masyarakat berpartisipasi dalam penerapan prokes," ujar Andi Putra.

Sementara itu, Masrul Hakim berjanji akan menindaklanjuti arahan Bupati Kuansing, yakni lebih intens melakukan pengawasan. Menurutnya, sekolah yang berada di kota sudah menerapkan prokes secara baik.

"Untuk sekolah di pedesaan, memang sedikit luput dari pengawasan. Ke depan, ini menjadi bahan evaluasi, agar proses PTM berjalan dengan baik," ujar Masrul.***