SIAK – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, melakukan panen raya padi di di Kampung Kemuningan Muda Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, Rabu (14/12/2022).

P>

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir ini semua negara dihadapkan dengan kondisi pangan, apalagi dengan kenaikan BBM juga berpengaruh dengan kenaikan harga barang yang menyebabkan terjadinya inflasi.

Untuk itu, Gubernur Syamsuar mengatakan, pemerintah terus mendorong seluruh unsur yang ada di kabupaten/kota termasuk para petani dan juga pihak swasta agar terus mengembangkan ketahanan pangan yang merupakan persoalan nasional.

"Bersyukur kita kepada allah SWT, Indonesia ini tidak kekurangan padi dan beras secara Nasional. Saya harapkan dengan upaya kita bersama kedepannya masih memungkinkan peningkatan produksi," kata Syamsuar.

Pihaknya juga mengharapkan, Siak atau daerah lain tidak hanya sekali panen dalam satu tahun, namun bisa tiga kali musim panen dalam satu tahun.

"Dulu di Siak ini sempat 3 kali musim tanam padi, jika seperti itu kenapa tidak bisa untuk kedepannya," harapnya.

Selain itu, Syamsuar juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Siak ini jadi percontohan dan diharapkan bisa menjadi percontohan terus menerus sesuai dengan apa yang disepakati dahulu. "Waktu kami jadi bupati siak tidak ada lagi ahli fungsi lahan ke lahan yang digunakan untuk kepentingan lainnya," ungkap Syamsuar.

Oleh Karena itulah, terdapat kesepakatan antara petani dan komitmen bersama di kantor camat bunga raya itu jadi saksi hidupnya.

"Alhamdulillah atas kesepakatan itulah lahir peraturan daerah yang berkaitan dengan larangan alih fungsi lahan," ucapnya.

Gubernur menambahkan, di tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaksanakan beberapa Kabupaten Siak, yaitu ekstensifikasi padi 700 hektar, intensifikasi padi 200 hektar.

Kemudian, juga ada Bantuan Pemprov Riau tahun 2022 sudah dialokasikan yaitu Combine Harvester Besar 6 unit, Combine Harvester sedang 1 unit, traktor roda 4 ada 4 unit, traktor roda 2 ada 11 unit dan penangkaran benih padi sebanyak 130 hektar.

"Ini bantuan khusus untuk Kabupaten Siak terutama dalam rangka meningkatkan produksi tanaman padi ini," imbuh Syamsuar.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan panen padi dan percobaan combine harvester oleh Gubri Syamsuar, Ketua TP PKK Provinsi Riau dan Forkopimda lainnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur Riau Syamsuar Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Kadis PTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi dan tamu undangan lainnya. ***