BUKIT BATU–Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020, Mayor Jenderal TNI R. Tjahja Komara memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis atas dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan kegiatan TMMD ke-108 tahun 2020 yang dilaksananakan Kecamatan Bandar Laksamana.

Apresiasi tersebut disampaikan jenderal bintang dua itu saat melakukan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-108 di Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/7/2020). Menurutnya keberhasilan dari kegiatan TMMD ke-18 yang dilaksanakan di beberapa desa di Kecamatan Bandar Laksamana dalam bentuk pembangunan insfrastruktur, tak lepas dari dukungan masyarakat dan Pemkab Bengkalis.


“Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi kepada masyarakat dan seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Bengkalis atas dukungan dan partipasinya dalam mendukung kelancaran TMMD tahun ini,” ujar Mayjen Tjahja Komara.


Kehadiran TMMD yang ditujukan pada suatu desa, untuk meningkatkan pembangunan desa-desa yang masih tertinggal. Apalagi desa merupakan pertahanan terakhir dan pertahanan nasional.

Diungkapkan Mayjen Tjahja Komara, pelaksanaan TMMD ke-108 tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tengah menghadapi pandemi Covid-19. Meskipun demikian pelaksanaan TMMD di Kabupaten Bengkalis berjalan lancar, tentu dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Setelah memberikan sambutan dan mendengarkan pemaparan dari Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay, selanjutnya jenderal bintang dua ini meninjau kegiatan bakti sosial dan penyuluhan di halaman kantor Camat Bukit Batu. Kegiatan bakti sosial tersebut berupa sunat massal, penyuluhan tentang covid-19 dan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Sebanyak 50 anak dari sejumlah desa di Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana ikut ambil bagian dalam sunat missal tersebut.  Hadir pada kegiatan itu, Plh Bupati Bengkalis Bustami HY, Asisten Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan Umi Kalsum, Kepala Pelaksana BPBD Tajul Mudaris, Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra, Kepala Dinas Sosial Martini, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Lizardo Gumay dan para camat se-Kabupaten Bengkalis.

Tetap Dilaksanakan

Sementara  masyarakat berharap TMMD tetap dilaksanakan setiap tahun karena memberikan kontribusi dalam pembangunan infrastruktur daerah, khususnya di desa-desa tertinggal.

“Kami sangat mendukung kegiatan TMMD ini. Karena masyarakat desa dapat merasakan langsung dari TMMD ini. Adanya pembangunan jalan desa maupun infrastruktur lainnya.” ungkap Pengurus LAMR Kecamatan Bukit, Sufyan.

“Melihat dari perkembangan dan hasil TMMD yang dilaksanakan selama ini, memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selain pembangunan infrastuktur, juga terbangun kerja sama yang erat antara TNI dan masyarakat, untuk itu kami berharap tahun depan kegiatan TMMD ini tetap dilaksanakan” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua MUI Kecamatan Bukit Batu, Abdul Hakim. Diungkapkannya, TMMD merupakan salah satu darma bakti TNI untuk membangunan daerah dan masyarakat.

Menurut Abdul Hakim, hasil dari TMMD ini dapat langsung dirasakan masyarakat, yang dibangunan secara cepat dan melibatkan gotong royong masyarakat. Untuk itu, dirinya berharap kegiatan TMMD ini terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang.***