PEKANBARU - Tim Pengabdian LPPM dan Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Universitas Riau (Unri) 2021 telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembelajaran daring di masa pandemi dan pengoptimalisasian jaringan internet di SMAN 2 Rumbio Jaya Desa Simpang Petai, Kecamatan Rumbio jaya, Kabupaten Kampar, Riau.

Pelatihan ini diadakan pada hari Senin, 09 Agustus 2021 dengan tema “Google Suite dan FastStone untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi di SMA N 2 Rumbio Jaya”, pelatihan ditujukan bagi para guru di SMA N 2 Rumbio Jaya.

Tujuan diadakan pelatihan ini, pertama adalah untuk meningkatkan profesionalitas guru di jenjang pendidikan SMA/sederajat di SMA N 2 Rumbio Jaya khususnya peningkatan kompetensi pedagogik dalam menerapkan model-model pembelajaran pada masa Pandemi.

GoRiau
Kedua, untuk meningkatkan keunggulan dan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran dimasa pandemi dan new normal dengan menggunakan beberapa media seperti yang diperkenalkan pada pelatihan ini yakni Google Suite dan FastStone.

Ketiga, adalah melakukan optimalisasi jaringan internet di SMA N 2 Rumbio Jaya dengan penyerahan sebuah laptop dan modem untuk membantu operasional sekolah tersebut.

Di masa pandemi Covid-19 ini, seluruh proses pendidikan dan pelatihan (Diklat) harus berjalan secara daring dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran. Permasalahan yang sering kali dihadapi oleh lembaga pendidikan adalah pengajarnya masih belum mahir dan kompeten terkait teknologi literasi, penggunaan, maupun pemanfaatan perangkat berbasis teknologi informasi.

GoRiau
Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa KUKERTA Universitas Riau adalah dengan mengadakan pelatihan terkait pembelajaran daring untuk meningkatkan kompetensi penguasaan teknologi pembelajaran daring bagi para guru di SMA N 2 Rumbio Jaya.

Tim pengabdian terdiri dari 6 orang Dosen yakni Ery Safrianti, ST., MT selaku ketua tim pengabdian, Dian Yayan Sukma, ST., MT; Edi Susilo, S.Pd., M.Kom.; Salhazan Nasution, S.Kom, MIT; Feranita, ST., MT dan Linna Oktaviana Sari, ST, MT. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 dengan sambutan Bapak Kamaruddin, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Rumbio Jaya diawali dengan ucapan selamat datang kepada seluruh Tim Penyelenggara pelatihan sekaligus terima kasih atas kehadirannya di SMA N 2 Rumbio Jaya.

[IMAGE-3] Ia juga menyampaikan pembelajaran daring sudah dilaksanakan oleh bapak/ibu guru dengan menggunakan berbagai media online dan namun tidak berjalan lancar karena sering kali terkendala masalah sinyal dan kurangnya pengetahuan pengoperasian beberapa media pembelajaran daring. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian oleh Ery Safrianti, ST., MT. selaku Ketua Tim Pengabdian.

Ia memberikan penyampaian berupa maksud dan tujuan dilakukannya pelatihan tersebut, serta pemaparan hasil survei terkait metode pembelajaran yang dilakukan kepada guru-guru di SMA N 2 Rumbio Jaya yang telah dilakukan sebelum diadakan pelatihan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tim dan pemaparan materi serta praktek langsung kepada para peserta. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini antara lain panduan pengelolaan google classroom, google formulir untuk pembelajaran daring, membuat video presentasi menggunakan fastStone serta trik untuk convert materi ke format PDF.

Pelatihan ini dihadiri oleh 25 orang guru dari SMA N 2 Rumbio Jaya. Diharapkan setelah adanya pelatihan ini para tenaga pengajar di SMA N 2 Rumbio Jaya dapat memanfaatkan ilmunya untuk lebih meningkatkan kompetensi pembelajaran daring, dan juga meningkatkan kemampuan literasi teknologi informasi yang kemudian menerapkannya dalam pembelajaran daring. ***