LlPEKANBARU - DPRD Provinsi Riau resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Induk Kepariwisataan Provinsi Riau 2021-2035 dalam rapat paripurna, Senin (13/9/2021).

Ketua Pansus, Sugianto, mengatakan, pihaknya akan menggesa penyelesaian Perda ini, sebab saat ini pandemi Covid-19 sudah dalam kondisi melandai dan diharapkan pada tahun depan Indonesia sudah bisa bersahabat dengan Covid-19.

Jika Indonesia sudah bisa mengendalikan Covid-19, lanjut Politisi PKB ini, sektor pariwisata menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi. Makanya, DPRD Riau harus memiliki payung hukum dalam penataan destinasi wisata.

"Dengan tatakelola pariwisata yang baik, ekonomi akan menggeliat, ekonomi akan terbangun. Riau ini kan punya banyak tempat destinasi wisata, seperti Rupat, Ombak Bono, atau di Kampar ada air terjun dan Candi Muara Takus, di Siak ada istana Siak, semua itu akan kita petakan," ujarnya, Senin (13/9/2021).

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, kata Sugianto, juga baru saja berkunjung ke Kampar, artinya Pemerintah Pusat sudah memberikan perhatian kepada sektor pariwisata di Riau, supaya banyak wisatawan yang datang, baik dari lokal maupun mancanegara.

"Sesuai judulnya kan rencana induk, jadi Perda ini akan mendeteksi titik wisata di Riau per-kabupaten, dan per-desa desa. Kalau ini sudah terpetakan, maka bisa kita arahkan APBD, APBN ataupun dana CSR," tegasnya.

Pansus, sambungnya, menargetkan akan menyelesaikan tugasnya dalam satu sampai dua bulan ini. Sehingga, 2022 sudah terpetakan semua, dan semua sarana dan prasarana yang mendukung tempat wisata akan disupport.

Disinggung mengenai buruknya akses jalan di Bono, Pelalawan, Sugianto menilai Perda ini akan menjadi solusi. Sebab, dengan adanya Perda ini, maka APBN bisa membangun jalan tersebut.

"Kalau sudah ada Perda-nya, kita akan minta ke Kementerian PUPR, supaya jalannya dibangun jadi orang senang masuk ke sana, kalau jalan buruk kan orang susah mau masuk," tutupnya.

Adapun Perda ini dipimpin oleh Sugianto sebagai Ketua Pansus, Mardianto Manan sebagai Wakil Ketua, dan Anggota diantaranya, Septina Primawati, Ramos Teddy Sianturi, Soniwati, Suyadi, Eva Yuliana, Manahara Napitupulu, Nurzafri, Marwan Yohanis, Arnita Sari, Abdul Kasim, Ade Hartati, Yuyun Hidayat, dan Kasir. ***