BOYOLALI – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sebelas Maret (UNS), Provinsi Jawa Tengah (Jateng), melakukan pengabdian masyarakat berupa “Sosialisasi Gizi Baik dan Pencegahan Stunting bagi Ibu-ibu Kader Posyandu di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jateng, pada Jumat (28/10/2022) lalu.

Sosialisasi gizi baik dan pencegahan stunting kepada ibu-ibu Kader Posyandu ini dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB bertempat di aula Balai Desa Gedangan. Kegiatan sosialisasi gizi baik dan pencegahan stunting bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada Ibu-ibu Kader Posyandu mengenai stunting dan gizi baik.

Materi yang dibawakan dalam sosialisasi ini terdiri atas penyebab dan gejala stunting, pencegahan stunting, dan bagaimana pemberian asupan gizi yang baik untuk mencegah terjadinya stunting.

Bidan Desa Gedangan, Atik Maftukah mengungkapkan, sosialisasi ini dianggap sangat penting karena dapat menjadi momok terhadap tumbuh kembangnya anak-anak di Desa Gedangan. Hal ini didasari karena sudah ada salah satu anak di Desa Gedangan yang terkena Stunting sejak lahir.

“Stunting merupakan suatu kondisi dimana balita atau anak memiliki tinggi badan dibawah rata-rata anak normal. Hal ini diakibatkan asupan gizi yang diberikan selama masa kehamilan tidak memenuhi asupan gizi yang diperlukan. Selain itu, rendahnya akses sanitasi juga menjadi potensi penyebab terjadinya stunting kepada balita,” ungkap Bidan Atik.

Bidan Atik dan Kepala Desa Gedangan Waljuni berharap semoga melalui sosialisasi ini masyarakat sadar akan pentingnya pemenuhan asupan gizi baik sebagai upaya dalam pencegahan stunting di Desa Gedangan.

Selanjutnya, Bidan Atik menyampaikan bahwa pemenuhan gizi baik bisa diwujudkan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat.

Melihat kondisi Geografis Desa Gedangan ini yang mayoritas masyarakatnya berprofesi menjadi petani sayuran. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Gedangan untuk pemenuhan gizi yang baik, khususnya pemenuhan gizi akan sayuran bagi tubuh.

Kepala Desa Gedangan, Waljuni menyatakan mendukung penuh kegiatan sosialisasi gizi baik dan pencegahan stunting yang dilakukan Tim Hibah MBKM UNS dikarenakan dapat memberikan wawasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Gedangan tentang pencegahan stunting.

Melalui sosialisai ini Waljuni juga berpendapat bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran publik dan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat baik dilaksanakan di Desa Gedangan guna memberikan kesadaran kepada ibu-ibu mengenai pemenuhan gizi baik dan pencegahan stunting. Saya berharap Ibu Bidan bisa membantu memantau perkembangan ibu-ibu beserta anak-anak di Desa Gedangan agar terhindar dari stunting,” ujar Waljuni.

Kesimpulan dari Sosialisasi ini yaitu masyarakat Desa Gedangan perlu meningkatkan kesadaran terhadap penyakit stunting dan merubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Masyarakat dan semua pihak di Desa Gedangan perlu bersama-sama terlibat secara langsung dalam penanganan stunting.***