SIAK SRI INDRAPURA - Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) dapat dilihat langsung menggunakan kacamata khusus di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Kamis (26/12/2019).

Mewakili Gubernur Riau, Syamsuar, kedatangan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution bersama Bupati Siak, Alfedri dan Ketua TP PKK Riau, Hj Misnarni Syamsuar di lokasi acara disambut ribuan warga yang antusias melihat gerhana matahari cincin.

Sebelum melihat fase puncak gerhana matahari cincin, dilakukan salat gerhana berjamaah di lokasi acara beralaskan karpet warna biru persis depan panggung.

Ribuan warga mulai memadati lokasi acara yang terletak persis di pinggir laut Kampung Bunsur.

"Ini merupakan sejarah bagi Provinsi Riau, terkhusus Kampung Bunsur di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, menjadi lokasi yang dipilih Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai lokasi yang beruntung bisa melihat gerhana matahari cincin," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com.

Dengan terpilihnya Kampung Bunsur sebagai lokasi melihat gerhana matahari cincin, sambung mantan Komandan Korem 031/Wirabima, kampung ini dapat dikenal masyarakat luas di Indonesia.

"Tempat ini pun bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata durian yang memiliki musim setahun sekali atau dua kali dalam setahun berbuah," ungkap Edy Nasution. ***