JAKARTA - Kebijakan privasi baru WhatsApp membuat banyak orang khawatir. Namun, berapa banyak data yang sebenarnya juga dikumpulkan aplikasi perpesanan lain seperti Signal, Telegram, Facebook Messenger, iMessage.

Ternyata, seperti yang ditunjukkan oleh label privasi aplikasi yang ditunjukkan di App Store Apple. Kedua aplikasi yang dimiliki oleh Facebook, yakni Messenger dan WhatsApp mengumpulkan data penggunaan dan detail lokasi, tidak seperti aplikasi lain.

Sebaliknya, Signal tampaknya menjadi aplikasi perpesanan paling pribadi dan tidak mengumpulkan data pengguna apapun, sesuai dengan detil privasi yang terlihat di App Store.

Melansir Gadgets 360, detil yang tersedia di App Store menunjukkan bahwa Facebook Messenger adalah yang paling serakah dalam hal pengumpulan data pengguna, diikuti oleh WhatsApp.

Daftar data yang dikumpulkan kedua aplikasi itu antara lain meliputi riwayat pembelian pengguna, informasi keuangan, detail lokasi, kontak, nomor telepon, alamat email, dan data penggunaan.

Berikut adalah rincian mendetail dari semua data yang dikumpulkan aplikasi WhatsApp, Signal, Telegram, dan Facebook Messenger.

WhatsApp

ID PerangkatIdentitas penggunaData PeriklananSejarah PembelianLokasi KasarNomor teleponAlamat emailKontakInteraksi ProdukData KerusakanData kinerjaData Diagnostik LainnyaInformasi pembayaranDukungan PelangganInteraksi ProdukKonten Pengguna Lainnya

Facebook Messenger

Sejarah PembelianInfo Keuangan LainnyaLokasi PersisLokasi KasarAlamat fisikAlamat emailNamaNomor teleponInfo Kontak Pengguna LainnyaKontakFoto atau VideoKonten GameplayKonten Pengguna LainnyaSejarah pencarianRiwayat PenjelajahanIdentitas penggunaID PerangkatInteraksi ProdukData PeriklananData Penggunaan LainnyaData KerusakanData kinerjaData Diagnostik LainnyaTipe Data LainnyaRiwayat PenjelajahanKesehatanKebugaranInformasi pembayaranFoto atau VideoData AudioKonten GameplayDukungan PelangganKonten Pengguna LainnyaSejarah pencarianInfo SensitifiMessageAlamat emailNomor telepon Riwayat pencarianID Perangkat

TelegramInfo kontakKontakIdentitas pengguna

SignalMelansir Gadgetsnow, tidak ada data yang dikumpulkan oleh Signal. Signal hanya membutuhkan nomor ponsel untuk pendaftaran dan tidak menghubungkan nomor telepon itu ke identitas pengguna.

iMessageAlamat emailNomor teleponRiwayat pencarianID perangkat. ***