JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) mendukung pelaksanaan tes tulis Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu yang berlangsung di Jakarta. Pada Selasa-Rabu (23-24/11/2021) sejumlah petugas Dukcapil membantu pelaksana tes untuk memverifikasi identitas peserta menggunakan teknologi face recognition (FR).

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam lansiran GoNEWS.co mengungkapkan, teknologi FR akan membantu Timsel Calon Anggota KPU-Bawaslu untuk menggelar tes tulis secara akuntabel dari aspek keabsahan peserta dan latar belakangnya.

"Dengan teknologi FR maka dapat dipastikan proses verifikasi saat registrasi peserta tidak dapat dimanipulasi karena langsung terkoneksi dengan database KTP-el. Ini adalah dukungan agar proses seleksi berjalan jujur dan transparan," kata Zudan dikutip GoRiau.com, Kamis.

Terkait hal ini, Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro menyatakan, dengan penggunaan FR tersebut, Tim Seleksi memastikan bahwa setiap peserta yang masuk ke ruang ujian adalah orang yang telah terdaftar dan lulus seleksi administrasi.

Nada positif terhadap penerapan teknologi FR Dukcapil Kemendagri juga muncul dari peserta calon anggota KPU-Bawaslu. Salah satu peserta seleksi anggota Bawaslu dari Padang, Tsamarotul Fuad menyatakan, penerapan FR adalah kemajuan layanan yang harus diperluas.

"Saya rasa ini bagus dan tergolong baru. Saya kira ini perlu diluaskan lagi pemanfaatannya," kata Fuad.

"Apa yang dilakukan Dukcapil ini luar biasa!" sambung Andita, salah satu peserta seleksi dari Kalimantan Selatan yang menilai penerapan FR sangat luar biasa bermanfaat karena bisa memangkas waktu registrasi yang lama.***