SOLO - Lifter powerlifting Indonesia, Tambi Sibarani sukses meraih medali emas dalam ajang ASEAN Para Games 2022 Solo. Capaian emas ini dipersembahkan Tambi untuk Hari Ulang Tahun (HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77.

Tampil di Hotel Paragon Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022), Tambi mencatat angkatan terbaik 173 kg. Dia menyisihkan wakil dari Malaysia Bryan Junency Gustin dan Min Zaw Win (Myanmar) di kelas 80 kilogram.

Masih dalam kelas ini, Tambi juga berhasil merebut medali perak pada kategori total angkatan. Dia berhasil mengumpulkan angkatan 495 kg. Sedangkan emas diraih wakil dari Malaysia Bryan Junency Gustin dan perunggu milik Min Zaw Win (Myanmar).

Tambi yang ditemui usai bertanding mengaku tidak menduga bisa mendapatkan emas. Sebab, dirinya hanya menargetkan perunggu karena lawan-lawannya merupakan unggulan dan punya segudang pengalaman.

“Sangat bangga bisa membela negara Indonesia dalam ajang ini, rasanya terharu mendapatkan medali emas. Sebenarnya target adalah perunggu, tapi bisa dapat emas,” kata Tambi.
“Pokoknya berbuat yang terbaik untuk negara. Dipersembahkan (medali emas) untuk Indonesia yang akan memperingati kemerdekaan RI. Yang jelas terharu bisa sejauh dapat emas ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Tambi mengaku hasil ini didapat setelah mengikuti instruksi pelatih yang diberikan. Dia pun meresponsnya dengan sangat baik.

“Apa yang diinstruksi pelatih, saya mengikuti dan menurutinya. Hasil bisa dilhat dan sangat bersyukur. Apalagi ini merupakan Asean Para Games pertama saya, jelas ini sangat spesial,” terangnya Tambi.

“Ke depannya, saya akan lebih fokus dan meningkatkan performa. Untuk selanjutnya saya menunggu instruksi pelatih. Harapan event selanjutnya ini saya bisa ikut lagi dan meningkatkan prestasi,” pungkasnya. ***